DetikNews
Jumat 24 November 2017, 20:18 WIB

Tanah Abang Sepi PKL, Sandiaga: Jangan Karena Saya Datang

Mochamad Zhacky - detikNews
Tanah Abang Sepi PKL, Sandiaga: Jangan Karena Saya Datang Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pagi tadi melakukan sidak ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Saat Sandiaga tiba, PKL-PKL yang biasa berjualan di trotoar tak terlihat.

Sandiaga curiga terhadap kondisi itu. Dia mempertanyakan apakah para PKL itu sudah tahu dia akan datang.

"Tadi saya sampaikan ke Pak Sekda dan Pak Wali Kota, apakah ini rapi karena ada saya mau datang?" ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2017).

"Karena kita kan memantau drone kadang-kadang semrawut, kadang-kadang rapi, tergantung jamnya. Jadi kita mesti pastikan bukan rapi karena saya mau datang, tapi rapi karena sistemnya sudah terbentuk," imbuhnya.

Di satu sisi, Ombudsman RI siang tadi memutar video investigasinya soal dugaan 'permainan' oknum Satpol PP dengan PKL di Tanah Abang. Dalam video tersebut terdengar perbincangan mengenai jadwal razia.


Menanggapi itu, Sandiaga menekankan akan memberi sanksi berat terhadap oknum Satpol PP yang 'bermain' mata dengan PKL. Namun dia tak secara gamblang mengatakan sanksi berat itu adalah pemecatan.

"Sanksinya sangat tegas. Begitu kita sudah putuskan, kita akan berikan sanksi yang sangat tegas. Tentunya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan di Pemprov DKI," tegas dia.

Sandi juga berterima kasih kepada Ombudsman. Dia mengatakan akan menggunakan data-data tersebut untuk menginvestigasi dugaan yang ada.

"Terima kasih kepada Ombudsman dan terima kasih kepada teman-teman yang sudah melakukan penyamaran. Data-data itu akan kita gunakan," jelas dia.
(zak/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed