DetikNews
Jumat 24 November 2017, 19:59 WIB

Warga Keturunan India Beri 2 Persembahan untuk Kahiyang-Bobby

Danu Damarjati - detikNews
Warga Keturunan India Beri 2 Persembahan untuk Kahiyang-Bobby Warga keturunan India membawa dua persembahan untuk Kahiyang. (Danu Damarjati/detikcom)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Medan - Berbagai elemen etnis, suku, marga, dan agama turut menghadiri prosesi adat pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu. Ada warga keturunan India yang juga hadir dan membawa dua persembahan.

Tampak delapan orang berpenampilan khas India melangkah keluar dari arena acara, Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). Mereka terdiri atas pria dan wanita.



Yang pria mengenakan topi page khas India selatan. Bajunya berupa jeepa khas India selatan dan utara, warnanya bervariasi. Yang perempuan mengenakan sari beraneka warna.

Rombongan ini dipimpin Julius Raja selaku Ketua Perkumpulan Masyarakat Indonesia India. Dia mengatakan warga etnis India ini datang karena diundang.

"Kami merasa bangga dan terhormat menghadiri pernikahan Bobby dan Kahiyang," kata Julius.



Mereka merasa ikut berbahagia. Apalagi acara ini merangkul segala elemen yang beragam. Ini mencerminkan prinsip kebangsaan.

"Di sini menunjukkan satu Indonesia, kebinekaan tampak di sini," kata Julius.

Ada persembahan yang mereka bawa, diwadahi dalam dua talam atau baki yang tidak berkaki.

"Pertama, talam berisi sirih pinang, pisang, dan kelapa, dan kungemam untuk memberi doa restu kepada pengantin," kata dia.

"Kedua, talam dalam bentuk manisan buah. Harapannya agar suami-istri senantiasa hidup rukun dan damai dan manis," ujarnya.



Warga etnis India, termasuk Tamil, memang termasuk komponen masyarakat yang ada di Medan. Mereka yang hadir juga semuanya tinggal di Medan.

"India di Medan ada 30 ribu keluarga, ada yang beragama Kristen, Katolik, Islam, Hindu, Buddha, dan Punjabi Sikh," kata dia.
(dnu/imk)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed