DetikNews
Jumat 24 November 2017, 17:12 WIB

Sekjen PAN: Poligami Tak Layak Diseminarkan

Tsarina Maharan - detikNews
Sekjen PAN: Poligami Tak Layak Diseminarkan Foto: Sekjen PAN Eddy Soeparno. (Nur Indah Fatmawati/detikcom).
Jakarta - Sekretaris Jenderal PAN Eddy Suparno menanggapi rencana Dauroh Poligami Indonesia (DPI) yang hendak menggelar 'Seminar Cara Cepat Dapat 4 Istri'. Eddy menilai poligami merupakan hal pribadi yang sangat sensitif dan tak pantas dijadikan pembicaraan publik.

"Ya masalah poligami itu hal yang sangat pribadi. Jadi menurut saya kalau itu diseminarkan, dijadikan bahan perdebatan atau pembicaraan publik, saya rasa masih tidak bijak di masyarakat kita," ujar Eddy di Jalan Daksa 1, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).

Menurut Eddy bahasan poligami menjadi hal yang sangat sensitif di kalangan para istri. Tidak membahas poligami secara terbuka di depan publik menjadi salah satu cara menghormati dan mengharagai kaum perempuan.

"Karena itu merupakan hal yang sensitif, terutama di kalangan ibu-ibu, di kalangan istri. Jadi kalau kita punya penghormatan terhadap kaum perempuan, sebaiknya kalaupun memang ada pembicaraan itu tidak perlu dipublikasikan, tidak usahlah dibawa ke ranah publik, didiskusikan saja," katanya.

Eddy memandang poligami sebagai masalah pribadi yang keputusannya tidak perlu diperdebatkan baik buruknya. Setiap orang memiliki hak untuk memutuskan dan menjalankan poligami.

"Toh kita tidak dirugikan. Jadi menurut saya, sudahlah itu jadikan bahan diskusi di ranah privat saja bagi mereka yang memang berminat. Saya sih merasa itu tdk perlu diangkat ke ranah publik," imbuhnya.

Hingga kini baru aturan PNS yang mengatur masalah poligami. Namun selain PNS belum ada larangan untuk berpoligami.

"Kalau secara undang-undang pernikahan memang ada? Kalau PNS iya ada aturannya. Tapi saya bukan PNS. Andai kata melakukan itu, ada larangan nggak? Kan tidak dilarang. Itu kembali pada diri masing-masing, saya pribadi tidak sepakat untuk melaksanakan itu," ucapnya.
(nvl/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed