detikNews
Jumat 24 November 2017, 15:58 WIB

Untuk Kedua Belas Kalinya, TNI AD Sabet Juara Umum Lomba Tembak AARM

Ibnu Hariyanto - detikNews
Untuk Kedua Belas Kalinya, TNI AD Sabet Juara Umum Lomba Tembak AARM Ilustrasi TNI AD ikut lomba tembak AARM (Foto: Elza/detikcom)
Jakarta - TNI AD kembali menjadi juara umum dalam kejuaraan tembak antar angkatan darat negara-negara ASEAN atau ASEAN Armies Riffle Meet (AARM). Ini merupakan raihan ke-12 sebagai juara umum dalam kejuaraan itu.

Selain menjadi juara umum untuk kedua belas kalinya, kontingen TNI AD itu memecahkan rekor baru. Ada 9 trofi yang didapatkan dari total 15 trofi yang diperebutkan, serta 31 medali yang diperoleh dari 45 medali yang diperebutkan.

Kejuaraan AARM tahun ini merupakan kejuaraan ke-27 yang diselenggarakan di Singapura. Untuk tahun ini, perlombaan itu diselenggarakan sejak 14 November 2017 hingga 23 November 2017.

"Kontingen TNI AD meraih prestasi terbaik dalam sepanjang sejarah penyelenggaraan AARM dan memecahkan rekor baru ASEAN dengan memperoleh 9 trofi dan medali 31 emas, 10 perak dan 10 perunggu," kata Kapen Kopassus Letkol Inf Joko Tri Hadimantoyo dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (24/11/2017).

"Indonesia meraih 9 tropi dari 15 tropi yang diperebutkan dan 31 medali dari 45 medali yang diperebutkan," imbuh Joko.

Sembilan trofi yang diraih didapat dari materi senapan ada 2, karaben ada 2, pistol putra ada 2, senapan otomatis ada 2 (champion individual on overall tim) dan pistol putri ada 1. Enam peraih Champion Individual yaitu Lettu Inf Safrin Sihombing materi pistol putra (Kopassus), Praka Zulkarnaen Amirullah materi karaben (Kodam II/Sriwijaya), Sertu Woli Hamzan materi senapan (Divif 1 Kostrad), Sertu Carlelis Manusama materi pistol putri (Kodam XVI/Pattimura), dan Serka Priyanta serta Sertu Hari Mulyono materi senapan otomatis/machine gun (Kopassus).

"Lomba ini merupakan momen yang sangat strategis untuk menunjukkan kredibilitas dan kapabilitas prajurit TNI AD di kancah internasional. Mengingat lomba ini membawa nama baik Indonesia di kancah internasional, maka selain menjadi ajang interaksi antar sesama prajurit Angkatan Darat Negara-negara ASEAN juga untuk menunjukkan profesionalitas prajurit Indonesia di mata dunia," ungkap Joko.

Rencananya para kontingen tersebut akan tiba di Jakarta pada sore ini. Kedatangan para kontingen tersebut disambut langsung oleh Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI Richard Tampubolon.
(ibh/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com