DetikNews
Jumat 24 November 2017, 14:14 WIB

Polisi Cari Pengedar Uang Palsu di Pasar Pesing

Arief Ikhsanudin - detikNews
Polisi Cari Pengedar Uang Palsu di Pasar Pesing Uang palsu di Kebon Jeruk (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Pasar Pesing, Kebon Jeruk, Jakarta Barat heboh dengan beredarnya uang palsu. Uang palsu disebarkan oleh pelaku dengan cara membeli barang dagangan.

"Ani Lestari, pelaku membeli sebutir kelapa seharga Rp 8.000 dengan uang Rp 100.000 palsu kepada Dimyati. Kemudian mendapat kembalian Rp 92.000," kata Kapolsek Kebon Jeruk Kompol M Marbun, dalam keterangannya, Jumat (24/11/2017).

Kejadian itu terjadi pada Senin (20/11). Setelah itu, pedagang lain, Kasmurah datang ke tempat Dimyati. Dia bercerita ada pembeli yang belanja menggunakan uang palsu.

"Kasmurah memberitahukan kepada saksi Dimyati bahwa uang yang diterima adalah palsu dan uang yang diterimanya juga palsu," kata Marbun.

Kasmurah memberitahukan ciri-ciri pembeli yang belanja menggunakan uang palsu. Salah satu cirinya adalah memakai baju hijau.

Ternyata, pembeli dagangan Dimyati dan Kasmurah ialah orang yang sama, yaitu Ani. Mereka pun mencari Ani sampai bertemu di sekitar pasar.

"Pelaku berhasil diamankan ke pos RW. Lalu dibawa ke Polsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat," ujar Marbun.

Polisi mendapat uang palsu sebanyak 40 lembar pecahan Rp 100.000 dari tangan Ani. Uang itu didapat dari pria yang sering disebut Kumis di Bekasi.

Rencananya, setelah uang tersebut terjual, hasilnya akan diberikan kepada Kumis. "Kumis sendiri masih dalam pengejaran," ucap Marbun.
(aik/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed