DetikNews
Jumat 24 November 2017, 13:44 WIB

Wakil Kepala SDN Ini Nyambi Jadi Kuli Bangunan

Michelle de Jonker - detikNews
Wakil Kepala SDN Ini Nyambi Jadi Kuli Bangunan
Manado - Wakil Kepala SDN 46 Kota Manado, Sam Tinondihang, juga melakoni pekerjaan sebagai seorang tukang kayu ataupun kuli bangunan. Ia berharap keahliannya itu bisa menjadi modal untuk menyambung hidup setelah pensiun.

"Saya jadi guru sejak 1986 dan diangkat menjadi wakil kepala sekolah sejak 1986," kata Sam saat berbincang dengan detikcom, Jumat (24/11/2017).

Pekerjaan sambilan Sam diakui oleh rekan-rekannya. Kepala SDN 46, Lintje Heydemans, mengakui wakilnya memiliki kerja sambilan tersebut. Tetapi hal itu tidak mengganggu pekerjaan utamanya. Selain menjadi kuli bangunan, Sam bisa menjadi tukang kayu.

"Di sekolah juga kerusakan kursi, meja, dan lemari itu yang kerjakan Pak Guru Sam. Daripada saya kasih order ke orang lain, saya panggil Pak Sam," kata Lintje.
Wakil Kepala Sekolah SDN Ini Nyambi Jadi Kuli Bangunan

Aktivitas Sam sehari-hari adalah guru, guru agama yang juga menjadi guru pengganti mata pelajaran umum di kelas VI. Guru Sam pun disenangi anak-anak di sekolah.

"Senang dan sayang Bapak Guru. Pernah lihat Pak Guru buat kursi, meja. Kalau lihat Pak Guru pulang sekolah jadi tukang, saya rasanya jengkel. Masak guru jadi tukang?" kata siswa SDN 46, Daniel.

Lantas, apa komentar Sam? Sam memilih menanggapinya dengan senyum.

"Kadang di teman-teman jadi pembicaraan, sudah jadi guru mau kerja jadi tukang. Sudah barangkali melekat di hati, tidak bisa kita lupakan karena sudah dari dulu bisa jadi tukang, karena profesi guru kan juga ada masa berlakunya, tidak selamanya jadi guru. Kita bisa kembali jadi tukang," ujar Sam.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed