DetikNews
Jumat 24 November 2017, 11:10 WIB

Raup Rp 5 Miliar, Sarjana IPB Ini Karyakan Pemuda Desa

M Iqbal - detikNews
Raup Rp 5 Miliar, Sarjana IPB Ini Karyakan Pemuda Desa
Serang - Hasil karya Hari Bowo (30) menyulap lahan mati jadi tempat belajar bertani dan berternak kini jadi ikon wisata desa. Cikerai dulu hanya daerah perbukitan di pinggiran Kota Cilegon.

Pada 2013, Hari mulai membangun Vila Ternak Cikerai yang kini jadi ikon wisata di desa tersebut. Suasana asri dan pemandangan perbukitan menjadi tempat yang asyik untuk bersantai, tak ketinggalan sambil belajar tentang seluk-beluk pertanian.

Selain jadi ikon wisata desa, keberadaan Vila Ternak Cikerai harus mampu menyejahterakan masyarakat sekitar. Hal itu merupakan tanggungjawab sosial atas keberadaan tempat garapannya itu.

Raup Rp 5 Miliar, Sarjana IPB Ini Karyakan Pemuda Desa

Hari kemudian melatih beberapa pemuda Cikerai untuk menjadi pemandu dan mengurus beberapa ternak di tempatnya. Ia sebenarnya bisa saja mengambil karyawan dari luar Cikerai. Namun, ia merasa tak ada gunanya keberadaan Vila Ternak Cikerai jika tak menyejahterakan masyarakat lokal.

"Kita latih pemuda-pemuda di sini, saya semangati. Saya kumpulkan pemuda-pemudi yang nganggur di sini saya langsung tegaskan 'Saya bukannya tidak bisa mencari karyawan dari luar Cikerai gampang, paling gampang, bisa saya ambil dari teman-teman di Bogor atau saya bisa langsung tulis di koran," katanya.

Kecintaannya terhadap masyarakat Cikerai untuk maju jadi motivasi dan semangat membangun desa. Dengan sabar, ia latih pemuda-pemudi Cikerai agar mampu menjadi pemandu wisata kepada anak-anak sekolah yang biasa berkunjung ke tempat itu untuk belajar bertani dan berternak.

"Saya cinta sama masyarakat sini artinya 'kamu mau nggak maju?'. Akhirnya kita terus perbaiki mental mereka. Mereka jadi pemandu, jadi edukasi terus ke anak-anak sekolah, jadi berkembanglah edukasi ini ke beberapa unit usaha," katanya.
Raup Rp 5 Miliar, Sarjana IPB Ini Karyakan Pemuda Desa

Ke depan, harapan besar Hari Bowo adalah Vila Ternak Cikerai dapat menjadi 'jembatan' pasar para petani dan peternak yang adadi Cilegon dan sekitarnya. Dengan begitu, kata dia, para petani tidak usah khawatir harga hasil bumi dan hewan peliharaannya jatuh.

"Dan, Vila Ternak harapan besarnya mau menjadi pusat pasar untuk ternak dan pertanian, jadi artinya temen-temen yang beternak di sini tidak harus capek-capekke pasar, tidak harus deg-degan harganya jatuh, Vila Ternak akan menjembatani itu, akan menjadi koperasi, mau mengumpulkan hasil bumi yang mereka panen," ucapnya.

Hasilnya, Hari bisa meraup omzet hingga Rp 5 miliar bila Hari Raya Id Adha. Perjuangannya tak sia-sia, pulang ke desa setelah menggondol sarjana dari IPB Bogor pada 2009 silam.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed