DetikNews
Kamis 23 November 2017, 22:08 WIB

Setya Novanto Ajukan Saksi Meringankan, Termasuk Anggota DPR

Faiq Hidayat - detikNews
Setya Novanto Ajukan Saksi Meringankan, Termasuk Anggota DPR Setya Novanto (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Setya Novanto mengajukan saksi meringankan terkait kasus yang membelitnya di KPK. Saksi-saksi yang meringankan itu termasuk anggota DPR.

"Saya juga mengajukan permohonan kepada KPK agar diberi kesempatan memeriksa ahli dan juga meringankan. Syukur KPK mau dan daftar nama tadi sudah dimasukkan," ucap pengacara Novanto, Otto Hasibuan, di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017).

"Tersangka mempunyai hak untuk mengajukan saksi maupun ahli meringankan apa yang dituduhkan ke dia," imbuh Otto.

Otto menyebut ada delapan orang yang diajukan sebagai ahli dan saksi meringankan.

"Kalau nggak salah delapan orang. Kita sudah ajukan nama-namanya. Mudah-mudahan kita akan kontak mereka para DPR itu supaya menjadi ahli bersaksi, misalnya Pak Idrus mau nggak jadi saksi, kita ajukan juga nama dia, mau nggak. Itu kan terserah mereka. Kalau ini kan permintaan kita bukan permintaan KPK. Ini volunter, mau mereka bersaksi silakan, nggak mau bersaksi ya nggak apa-apa," papar Otto.

Di tempat yang sama, pengacara Novanto lainnya, Fredrich Yunadi, menyebut sudah mengajukan delapan atau sepuluh saksi. Selain itu, dia mengajukan ahli kurang-lebih enam orang.

"Kita sudah mengajukan delapan atau sepuluh saksi. Sama saksi ahli kurang-lebih enam. Nggak bisa disebutkan karena akan mempengaruhi," sebut Fredrich.

Saat ditanya apakah saksi meringankan yang diajukan dari Komisi II DPR pada periode 2009-2014, Fredrich tak memungkirinya. Namun dia tidak membeberkan siapa saja yang diajukan menjadi saksi.

"Yang terlibat akan diminta jadi saksi," ucap Fredrich.

"Termasuk saksi dari Partai Golkar? Idrus?" tanya wartawan.

"Saya bilang kurang-lebih itu. Ya, ya, ya, kita nggak bisa sebutkan," jawab Fredrich.
(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed