Sidang Adat di Medan akan Bahas Gelar untuk Kahiyang-Bobby

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 23 Nov 2017 18:40 WIB
Suasana jumpa pers keluarga Bobby Nasution. (Andhika Prasetia/detikcom)
Suasana jumpa pers keluarga Bobby Nasution. (Andhika Prasetia/detikcom)
Medan - Rangkaian prosesi adat pernikahan untuk putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution akan berlangsung dengan sidang adat. Sidang adat akan membahas gelar yang diberikan kepada kedua mempelai.

Sidang adat akan digelar di kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency (BHR Tasbi), Medan, Sumut, Jumat (24/11/2017) sore. Sidang akan dihadiri tetua adat dari marga Nasution, Lubis, dan tetua adat marga lainnya dari Mandailing.

"Adat Mandailing berdasarkan gotong-royong, besok akan hadir boru hingga raja adat. Besok, suhut dengan anak boru dan kahanggi akan serahkan acara ini ke raja. Dalam sidang adat dibahas mengenai besar kecilnya acara. Lalu dibahas gelar adat. Kalau raja adat setuju, kita berikan gelar adat pada Bobby dan Kahiyang," ujar Raja Panusunan pernikahan Kahiyang-Bobby, Pandapotan Nasution, saat jumpa pers di Media Centre, Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/11).


Sementara itu, wakil dari keluarga Bobby sekaligus Menko Perekonomian, Darmin Nasution, menjelaskan gelar yang diberikan bukanlah marga. Gelar itu merupakan simbol bahwa Kahiyang-Bobby sudah dituakan.

"Sidang adat untuk besoknya lagi, termasuk namanya dan siapa gelarnya. Ini bukan kasih marga, di Mandailing sudah kawin ada gelar. Itu dibahas besok, setelah dibahas besok ya biasa manortor lagi," kata Darmin.


Namun Darmin enggan membocorkan gelar apa yang akan diberikan untuk Kahiyang dan Bobby. Yang jelas, gelar itu akan disematkan pada Sabtu (25/11).

"Kami tak mau cerita soal itu," tutup Darmin. (dkp/hri)