DetikNews
Kamis 23 November 2017, 09:44 WIB

Buka Munas Pepabri, Wiranto: Hadapi Perubahan dengan Bersatu

Tsarina Maharani - detikNews
Buka Munas Pepabri, Wiranto: Hadapi Perubahan dengan Bersatu Wiranto saat membuka Munas Pepabri. Foto: Tsarina Maharani/detikcom
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto membuka musyawarah nasional (Munas) Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri). Ia menyampaikan rasa bangga kepada para purnawirawan yang hadir dalam acara tersebut.

"Hari ini saya merasa terharu dan bangga. Terharu karena saya melihat bapak-bapak di sini jalannya ada yang sudah tidak tegap lagi, tapi semangat juangnya tidak luntur. Ini sangat menakjubkan dan membanggakan, karena memang itu yang sejatinya dimiliki prajurit," tutur Wiranto di Hotel Kartika Chandra, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017).

Dalam pidato pembukaannya, ia juga mengingatkan kepada para peserta munas yang hadir untuk tidak berhenti memberikan sumbangsih pada negara. Wiranto menjelaskan, purnawirawan tetap dapat memberikan kontribusi bagi negara lewat pemikiran dan nasihat.

"Kalau tidak bisa (dengan tenaga), dengan 'sembur'. Yaitu memberikan petuah atau nasihat yang luhur, yang menyadarkan generasi berikutnya bahwa negara ini harus diperjuangkan, dipertahankan karena negara ini sebuah warisan yang sangat berharga. Warisan yang diperjuangkan dengan darah dan air mata," ucapnya.

Ia kemudian sempat menyampaikan amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir pagi ini. Jokowi menitipkan pesan kepada Pepabri untuk menjaga soliditas, apalagi mengingat sebentar lagi Indonesia akan menyelenggarakan 2 pesta demokrasi besar.

"Tantangan ke depan penuh dengan dinamika yang sangat cepat dan tidak terduga. Sehingga untuk menghadapinya seluruh komponen bangsa mutlak bersatu dan bekerja sama dalam mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara. Apalagi dalam waktu dekat ini negara kita akan melaksanakan 2 kegiatan politik nasional. Yakni Pilkada serentak 2018, dan Pileg, dan Pilpres pada 2019," ujar Wiranto mengutip tulisan Jokowi yang telah dititipkan padanya.

Acara munas Pepabri ke-15 yang bertemakan "Dengan Jiwa dan Semangat Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Tribrata, Tingkatkan Soliditas Purnawirawan dan Warakawuri TNI Polri untuk mengawal NKRI yang berdasarkan Pancasila" tersebut akhirnya dibuka oleh Wiranto, diiringi ketukan palu sebanyak 3 kali.

Rencananya pada munas ini akan dibentuk susunan organisasi dan pemilihan pemimpin baru.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, dengan ini Munas Pepabri ke-15 saya nyatakan dibuka dan dimulai," pungkasnya.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed