DetikNews
Kamis 23 November 2017, 09:11 WIB

BPTJ akan Tertibkan Ojek dan Bus yang Ngetem di Stasiun Manggarai

Seysha Desnikia - detikNews
BPTJ akan Tertibkan Ojek dan Bus yang Ngetem di Stasiun Manggarai Suasana lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai pagi ini. Foto: Seysha Desnikia/detikcom
Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan koordinasi bersama PT KAI untuk mengurai kemacetan di depan Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dari koordinasi tersebut, diketahui penyebab kemacetan adalah moda transportasi yang mengetem di pinggir jalan.

"Salah satu yang menyebabkan (kemacetan) adalah kurang tertibnya ojek-ojek online ini, katakanlah ojek-ojek lainnya itu menggunakan badan jalan untuk menunggu penumpang," ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono, di Stasiun Manggarai, Jalan Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017).
Stasiun Manggarai.Stasiun Manggarai. Foto: Seysha Desnikia/detikcom

Ia menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan PT KAI dan dinas pekerjaan umum DKI untuk menyediakan lahan untuk ojek online. Menurutnya lahan tersebut akan dikelola seperti yang ada di Stasiun Dukuh Atas.

"Nanti Pak Kepala DAOP I segera akan membangun lahan kosong yang sekarang tidak digunakan, untuk pengendapan ojek-ojek online," tutur Bambang.

Ia memaparkan selain ojek online, yang menjadi sumber kemacetan adalah Bus TransJakarta yang mengetem di pinggir jalan. Pihaknya juga berencana untuk membuat terminal sementara untuk bus TransJakarta.
Lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai. Lalu lintas di sekitar Stasiun Manggarai. Foto: Seysha Desnikia/detikcom

"Nanti lahan kosong yang ada juga akan dibuat lay back jadi nanti bus-bus itu tidak antre pinggir jalan tapi langsung masuk ke parkiran. Jadi nanti transaksinya di situ, seperti terminal sementara," ujar Bambang.

Pihak BPTJ juga akan menyiapkan pagar untuk pejalan kaki supaya tetap jalan di jalur pedestrian. Upaya ini menurutnya untuk membuat pejalan kaki lebih aman, agar mereka tidak jalan ke bahu jalan.

"Nanti mungkin kita pagar. Supaya mereka jalan di (jalur) pedestrian bukan di badan jalan. Sehingga ini meningkatkan keselamatan mereka sendiri," tutur Bambang.
BPTJ akan berkoordinasi dengan PT KAI agar ada lahan bagi ojek dan transportasi lain untuk menunggu penumpang.BPTJ akan berkoordinasi dengan PT KAI agar ada lahan bagi ojek dan transportasi lain untuk menunggu penumpang. Foto: Seysha Desnikia/detikcom



(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed