DetikNews
Kamis 23 November 2017, 03:30 WIB

Belasan Rumah di Garut Terendam Akibat Banjir

Hakim Ghani - detikNews
Belasan Rumah di Garut Terendam Akibat Banjir Foto: Cecep Rusmana (46). (Hakim-detikcom)
Garut - Banjir menerjang tiga perkampungan di Kecamatan Malangbong, Garut, Jawa Barat. Belasan rumah warga tergenang air hingga ketinggian dua meter.

Banjir itu akibat luapan Sungai Cipedes. Banjir terjadi di Kampung Cijanur Desa Sukamanah, Kampung Cipeyeum dan Kampung Cipeundeuy yang terletak di Desa Cihaurkuning.

Cecep Rusmana (46), seorang warga Kampung Cijanur yang rumahnya terendam mengatakan banjir itu terjadi setelah hujan deras sekitar pukul 02.00 WIB, hari ini.

"Awalnya hujan besar, kemudian air di sungai (Cipedes) kelihatan agak naik. Jarak dari rumah saya ke dasar sungai itu ada sekitar delapan meter," kata Cecep kepada detikcom di lokasi banjir Kampung Cijanur, Rabu (22/11/2017) malam.

Cecep menjelaskan, saat air menggenangi permukiman, warga panik dan berhamburan ke luar rumah. "Awalnya air sekitar 50 centimeter. 5 menit kemudian air naik dan terus naik hingga ketinggian sekitar 2 meter," katanya.

Cecep menambahkan, sempat ada salah satu tetangganya yang tenggelam. Namun akhirnya dapat diselamatkan dan dievakuasi ke tempat yang aman.

"Iya, namanya Pak Eroh. Dia ada di dalam rumah, sedangkan ketinggian air dua meter. Tapi alhamdulillah bisa diselamatkan warga di sini. Sekarang udah dibawa ke Puskesmas Malangbong," ungkapnya.

Akibat banjir ini, Cecep dan empat anggota keluarganya harus mengungsi ke rumah saudaranya.

"Saya rugi sekitar 25 juta (rupiah). Karena barang elektronik juga ikut terendam," pungkasnya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed