DetikNews
Rabu 22 November 2017, 18:04 WIB

Sandi Usul Pasukan Oranye Jadi PNS, Kepala BKD DKI: Bisa

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Sandi Usul Pasukan Oranye Jadi PNS, Kepala BKD DKI: Bisa Ilustrasi kerja PPSU di Kemanggisan (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengusulkan agar pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau yang dikenal sebagai pasukan oranye yang bekerja selama 3 tahun bisa menjadi PNS. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Agus Suradhika mengatakan pasukan oranye bisa diangkat dengan persyaratan tertentu.

"Bisa, jika Pemda DKI mempunyai formasi, dari formasi ini mereka tentu punya pengalaman dengan pemda. Jadi bisa ikut tes, jika memenuhi persyaratan lulus, diangkat menjadi PNS," kata Agus di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (22/11/2017).

Agus mengatakan pengangkatan PNS tersebut harus mengikuti aturan dari KemenPAN-RB. Dia mengatakan saat ini Pemprov DKI masih menunggu formasi tersebut dibuka lagi.

"Bisa melalui rekrutmen PNS menunggu formasi dari KemenPAN. DKI Jakarta sampai dengan 2018 belum dikasih formasi. Sekarang kita sedang menyusun peta kebutuhannya, kita akan sampaikan pada MenPAN untuk dapat formasi, jadi otomatis," tuturnya.


Agus mengatakan perekrutan langsung dalam durasi tiga tahun bisa dilaksanakan dengan UU istimewa DKI menjadi ibu kota negara. Menurutnya, dengan UU istimewa tersebut, PPSU dapat diangkat menjadi PNS.

"Sekarang jalannya gini, Pak Sandi beri arahan gitu. Maka di dalam UU tentang DKI sebagai ibu kota negara itu sedang kita perjuangkan. Jika anggaran belanja lebih dari 30 persen, kalau Pak Sandi tanya, 'Bisa nggak gini?' Bisa jalannya begini, jalannya adalah kita golkan dulu UU Jakarta sebagai ibu kota negara," sebutnya.

Agus mengatakan proses realisasi pasukan oranye dari pekerja harian lepas (PHL) menjadi PNS akan sangat panjang. Namun dia yakin Anies-Sandi sudah memikirkan hal tersebut.

"Jalannya panjang, makanya beliau mengatakan 3 tahun, mungkin Pak Anies-Sandi sudah hitung tiga tahun, tahun ini kita golkan UU. Pada 2018 kita buat formasi, tiga kita rekrut," tuturnya.

Sebelumnya, Sandiaga menjanjikan PPSU bisa 'naik kelas' jadi PNS. Syaratnya, 3 tahun menjadi petugas PPSU.

"Begitu mereka sudah 3 tahun di PPSU, mereka juga bisa naik kelas. Mungkin jadi PNS yang betul, yang terbaik, yang seperti saya pernah ngomong dulu, top 10 persen dari mereka punya kesempatan naik kelas. Karena kita nggak ingin bapaknya PPSU, anaknya juga PPSU. Kita ingin ada upwork mobility. Itu yang ingin kita lakukan," papar Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
(fdu/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed