DetikNews
Rabu 22 November 2017, 12:03 WIB

TransJ Lakukan Uji Coba Bus Metrotrans Rute Harmoni-Senayan Gratis

Cici Marlina Rahayu - detikNews
TransJ Lakukan Uji Coba Bus Metrotrans Rute Harmoni-Senayan Gratis Metrotrans diuji coba (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - PT Transjakarta (TransJ) melakukan uji coba bus Metrotrans rute Harmoni-Bundaran Senayan secara gratis. Bus ini rencananya akan menggantikan angkutan Metromini di Jakarta.

Pejabat Humas PT TransJ Wibowo mengatakan bus Metrotrans ini dalam tahap uji coba sejak Senin (20/11/2017) kemarin. Uji coba akan dilakukan selama satu minggu hingga Minggu (26/11).

"Metrotrans saat ini beroperasi dalam tahap uji coba selama satu minggu. Ada 4 bus yang tersedia selama uji coba," ucap Wibowo saat dihubungi detikcom, Rabu (22/11).
Mesin tap kartu tersedia di dekat pintu masukMesin tap kartu tersedia di dekat pintu masuk. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


Pantauan detikcom, di Halte Harmoni, Jalan Gajah Mada, Gambir, Jakarta Pusat, pada pukul 11.13 WIB, bus Metrotrans berhenti di pintu dengan tujuan Senayan. Bus berwarna merah ini beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

Tidak jauh berbeda dengan bus TransJ pada umumnya. Namun fitur dalam bus Metrotrans ini lebih lengkap.

Bus dengan panjang sekitar 9 meter ini memiliki dua pintu di sisi kiri untuk mengangkut penumpang di jalan reguler. Dua pintu tersedia di bagian depan dan bagian tengah.
Interior bagian dalam bus MetrotransInterior bagian dalam bus Metrotrans. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)


Perbedaan Metrotrans dengan bus TransJ umumnya, bus ini memiliki tangga di bagian dalam bus. Bus ini juga lebih ramah bagi penyandang disabilitas karena memiliki pintu masuk yang lebih rendah. Selain itu, bus dilengkapi mesin tap kartu dan tombol setop untuk penumpang.

Bus ini juga dilengkapi kamera CCTV, alat pemadam kebakaran, dan alat penggetok kaca. Karena tahap uji coba, penumpang juga akan diberi karcis gratis oleh kondektur yang berjaga.
(cim/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed