DetikNews
Rabu 22 November 2017, 10:01 WIB

Heboh Video Tangga Lipat Berjalan Sendiri, Apa Penyebabnya?

Herianto Batubara - detikNews
Heboh Video Tangga Lipat Berjalan Sendiri, Apa Penyebabnya? Foto: Heboh tangga lipat jalan sendiri (Istimewa)
Jakarta - Di media sosial sedang heboh dibicarakan soal video tangga lipat yang berjalan sendiri. Ada yang menghubung-hubungkan dengan hal-hal magis. Apa iya?

Video tersebut ramai di media sosial dalam beberapa hari terakhir. Ada yang menyebut kejadian ini berlokasi di Wisma BCA Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dimintai konfirmasi detikcom, kabar ini ternyata bohong.

Pagi ini, Rabu (22/11/2017) pukul 08.00 WIB, detikcom melakukan penelusuran dengan menelepon Wisma BCA Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Seseorang di ujung telepon kemudian menyambungkan ke pihak gedung.

Seseorang bernama Mega di bagian administrasi mengatakan pihaknya sudah mendengar kabar soal heboh tangga lipat berjalan itu. Menurutnya, gambar di video tersebut bukanlah di basement Wisma BCA Pondok Indah.

"Sudah dilakukan pengecekan itu bukan di gedung ini. Basement di video itu berbeda dengan gedung ini," kata Mega.







Dia juga menyebut tidak ada pengerjaan proyek di basement 2 gedung Wisma BCA Pondok Indah. Gedung mereka selama ini baik-baik saja dan tidak pernah ada kejadian ganjil.

"Jadi nggak ada itu, nggak benar," tegasnya.

Apa Penyebab Tangga Jalan Sendiri?

Meskipun keterangan 'terjadi di BCA Pondok Indah' dipastikan hoax, masih tersisa misteri mengenai bagaimana bisa tangga bisa berjalan sendiri sebagaimana terlihat dalam video itu.

Berdasarkan informasi yang beredar, peristiwa horor tangga lipat berjalan itu disebut terjadi pada Selasa (21/11). Namun, setelah ditelusuri, video yang sama sudah diunggah di YouTube jauh sebelumnya.

Video tangga lipat berjalan sejenis juga banyak beredar di YouTube dengan berbagai versi. Ada yang videonya diambil malam hari, ada juga yang siang hari. Kesamaannya, tangga lipat berjalan ini diambil di posisi jalan yang miring, seperti basement gedung parkir ramp.

Seorang netizen bernama Rizky Ramadhan mengatakan fenomena itu sangat bisa dijelaskan. Menurut dia, tangga lipat itu berjalan karena ada efek gravitasi lantaran berada di posisi jalan menurun. "Kalau di jalan datar terus tangganya jalan, baru itu aneh. Itu mah ulah orang iseng saja," ujarnya.

Ada juga beberapa netizen lainnya yang sependapat dengan Rizky. Mereka juga menyarankan agar jangan ada yang mengarang-ngarang kejadian, lalu membumbuinya dengan hal mistis. Masyarakat juga diminta tidak mudah percaya dan meneruskan kabar bohong.

Cerita hantu fiktif lewat fenomena tangga lipat berjalan ini juga sempat beredar pada 2016 dan disebut-sebut terjadi di sebuah proyek di Jalan Senopati, Jakarta Selatan. Namun dipastikan kabar tersebut bohong karena itu hanyalah efek gravitasi.



(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed