DetikNews
Selasa 21 November 2017, 22:27 WIB

Pemprov DKI akan Tebang Pohon Cegah Tumbang

Mochamad Zhacky - detikNews
Pemprov DKI akan Tebang Pohon Cegah Tumbang Pohon tumbang di Gambir (Cici/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan membereskan pepohonan yang berada di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Rencana ini merupakan respons atas peristiwa pohon tumbang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku sudah khawatir terhadap keberadaan pohon-pohon yang tertanam di Jl Perwira, Gambir, Jakarta Pusat, itu.

"Pohon-pohon di Istiqlal itu sudah menjadi pohon-pohon yang saya tandai. Ini mungkin langkah kita untuk menata bersama-sama dengan tentunya pimpinan di pengurus Masjid Istiqlal, agar Istiqlal itu hijau tapi pohon-pohonnya tertata dan dicukur sedikit supaya tidak terlalu rindang, nggak terlalu tinggi," papar Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2017).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebetulnya sudah menginstruksikan pihak Dinas Pertamanan untuk melakukan antisipasi. Anies dan Sandiaga tak ingin pepohonan di wilayah Jakarta ini justru mengancam masyarakat.

"Dalam cuaca yang cepat sekali berubah ini, dengan climate change itu tidak menimbulkan sebagai ancaman bagi pengendara maupun pejalan kaki di sekitar wilayah Istiqlal," terang Sandiaga.

Sandi, sapaan karib Sandiaga, tak lupa mengucapkan rasa prihatin terhadap korban luka akibat pohon tumbang di Masjid Istiqlal. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un atas korban luka-luka," ucapnya.

Sebelumnya, seorang pengendara motor mengalami patah kaki kanan karena tertimpa pohon yang tumbang di Jl Perwira. Korban patah kaki itu langsung dilarikan ke RS Gatot Soebroto oleh warga sekitar.

"Korban motor Akhmad Alifar Adikusumo. Dia ketimpa langsung orangnya. Kaki kanan patah. Dibawa ke RS Gatot Soebroto, langsung pakai taksi ke RS Gatot Soebroto," tutur Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lili Sumardi di lokasi sore tadi.
(zak/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed