DetikNews
Selasa 21 November 2017, 22:17 WIB

Menag: Deklarasi Serpong Pedoman Sebarkan Islam Moderat

Faiq Hidayat - detikNews
Menag: Deklarasi Serpong Pedoman Sebarkan Islam Moderat 'Deklarasi Serpong' dalam International Islamic Education Expo (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Para tokoh agama dari berbagai organisasi Islam membacakan 'Deklarasi Serpong' dalam International Islamic Education Expo (IIEE) atau Pameran Pendidikan Islam International 2017. Deklarasi Serpong ini dipimpin oleh Dirjen Pendidikan Islam Prof Kamarauddin Amin.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai deklarasi tersebut untuk menyebarkan Islam moderat serta agama membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

"Isi dari Deklarasi Serpong bagaimana kita menjadikan Islam yang wasathiyah, Islam yang rahmatan lil alamin sebagai pedoman untuk menyebarkan Islam moderat," ujar Lukman dalam acara di International Convention Exhibition, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (21/11/2017).

Lukman meminta Islam moderat dijaga oleh generasi muda saat ini, yang diwariskan para ulama dulu. Pendidikan Islam seperti pesantren juga harus dirawat karena merupakan pendidikan khas yang dimiliki oleh Indonesia.

"Pesantren kita miliki khas berkembang di Nusantara. Kalau lihat sejarah, dari masjid seorang ulama dan kiai didatangi para santri untuk menimba ilmu, kemudian berkembang membentuk madrasah, perguruan tinggi, itu tren," ujar Lukman.

'Deklarasi Serpong' dalam International Islamic Education Expo (IIEE)'Deklarasi Serpong' dalam International Islamic Education Expo (Faiq Hidayat/detikcom)

Berikut isi Deklarasi Serpong yang dibacakan tokoh agama:

1. Setia mengamalkan sekaligus menggaungkan nilai-nilai Islam wasathiyyah yang rahmatan lil alamin.

2. Menjunjung tinggi nilai ketuhanan, mengedepankan martabat kemanusiaan, merajut persatuan, merawat kebersamaan, dan mempedulikan keadilan sosial dalam membangun peradaban.

3. Menolak setiap penyalahgunaan agama untuk kepentingan yang tidak sesuai dengan watak dasar dan tujuan agama itu sendiri.

4. Mengajak seluruh elemen bangsa untuk memajukan pendidikan Islam sebagai solusi bagi tantangan zaman, sarana mewujudkan perdamaian dunia, dan upaya meningkatkan maslahat bagi umat manusia.
(fai/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed