DetikNews
Selasa 21 November 2017, 18:47 WIB

Rp 620 Juta untuk Kolam, Sekretaris DPRD DKI: Biar Nggak Stres

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rp 620 Juta untuk Kolam, Sekretaris DPRD DKI: Biar Nggak Stres Kolam di DPRD DKI (Foto: Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Anggaran rehabilitasi kolam dalam RAPBD 2018 dianggarkan sebesar Rp 620 juta. Sekretaris Dewan DKI Jakarta Muhammad Yuliadi menjelaskan peruntukan anggaran tersebut untuk membangun ulang kolam di Kompleks Gedung DPRD DKI itu.

"Perbaikan. Bongkar pasang kolam. Bikin baru lagi," kata Yuliadi, saat dihubungi, Selasa (21/11/2017).

Yuliadi mengungkapkan, nantinya, kolam yang lama akan diperdalam. Sebab, kolam yang saat ini kurang memadai sebagai tempat hidup ikan koi yang rencananya akan menghiasi kolam tersebut.

"Kalau untuk ikan itu cepet mati. Kurang dalam. Batunya kurang bener. Kalau siang terlalu panas,"

Yuliadi juga menyebutkan anggaran tersebut akan digunakan untuk mempercantik kolam.

"Iya dong (mempercantik). Orang kan kalau sudah tua, harus dipercantik. Ini untuk mempercantik tampilan kantor aja," katanya.



Anggaran sebesar Rp 620 juta tersebut, kata Yuliadi, juga bukan tanpa pertimbangan. Ia mengaku anggaran tersebut sudah dihitung bersama Dinas Perumahan Rakyat DKI Jakarta.

"Ada kok rinciannya. Nggak asal bikin angka," ujarnya.

Saat ditanya mengenai urgensi perbaikan kolam, Yuliadi menyebut perbaikan kolam tersebut agar pegawai DPRD DKI dan Pemprov DKI tidak mengalami stres saat bekerja.

"Biar nggak stres saja. Kita lihat-lihat kolam kan seneng. Kalau mau nyebur, boleh," ujarnya.

Yuliadi juga mempersilakan jika warga yang datang ke DPRD untuk ikut menikmati kolam tersebut. Dengan catatan, warga ikut menjaga kelestarian kolam tersebut.

"Boleh boleh. Sabtu Minggu kan dibuka. Asal jangan dipancing aja ikannya," tuturnya.

Yuliadi mengatakan anggaran perbaikan kolam bukanlah barang baru. Sebelumnya, anggaran tersebut juga diusulkan pada tahun 2016 namun dicoret Kemendagri karena dinilai tidak sesuai dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD).

"Makanya kita usulin sekarang tahun 2018," katanya.

Sebagaimana diketahui, nilai anggaran untuk rehabilitasi kolam air mancur DPRD adalah sebesar Rp 620.715.162,00. Nilai anggaran yang dapat dilihat di situs e-APBD DKI tersebut kemudian diperinci kembali.

Ada anggaran untuk membeli bibit bunga, yaitu Bougenville vareigata, kamboja merah tinggi, pohon pucuk merah, puring bor, dan rumput gajah mini. Totalnya mencapai Rp 11.388.740.

Ada juga biaya untuk pemeliharaan mesin pompa, pemeliharaan jaringan teknologi informasi, pemeliharaan gedung, pengadaan mesin pompa, pengadaan konstruksi reservoir, hingga pengadaan tanaman.



(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed