DetikNews
Selasa 21 November 2017, 18:18 WIB

Menko Darmin: Ada Usul Jokowi Juga Diberi Marga Siregar

Jefris Santama - detikNews
Menko Darmin: Ada Usul Jokowi Juga Diberi Marga Siregar Menko Darmin Nasution bicara pemberian marga Siregar ke Kahiyang (Jefris Santama/detikcom)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Medan - Menteri Perekonomian Darmin Nasution turut hadir dalam acara adat pemberian marga untuk putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu. Dia menyebut ada usul agar Jokowi juga diberi marga.

Pernyataan tersebut disampaikan Darmin saat diwawancarai wartawan seusai acara adat di lokasi, Jalan STM/Sukatangkas, Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/11/2017).

"Kita datang tadi acaranya kan meminta marga buat Kahiyang dan itu disetujui. Nah, ada dari marga lain yang mengusulkan supaya sekaligus diberi marga kepada Pak Jokowi," kata Darmin.

"Marga Siregar sudah menjawab, 'Kita setuju saja, senang saja, tetapi masak dengan acara seperti ini memberi marga kepada Jokowi.' Kita cari waktu yang lainlah," sambung Darmin.


Pada kesempatan itu, Darmin juga menjelaskan soal kehadirannya. Dia mengatakan posisinya adalah sebagai bapak uda atau paman Bobby Nasution. Dengan kata lain sebagai suhut atau si empunya acara.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat acara adat pemberian margaKahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat acara adat pemberian marga. (Media Center Kahiyang-Bobby)

Sebagai bagian dari keluarga Nasution, Darmin ikut datang bersama rombongan ke rumah pihak keluarga Siregar untuk meminta marga bagi Kahiyang.

"Kenapa perlu sekali ada pemberian marga, pertama, tentu saja supaya dia (Kahiyang) jelas di dalam tatanan adat Mandailing, dia jelas di mana posisinya. Misalnya Kahiyang kenapa diberi marga Siregar, karena si Bobby ibunya Siregar," jelasnya.

Darmin bersyukur acara pemberian marga ini berlangsung lancar. Dia juga mengatakan, karena Kahiyang resmi jadi boru Siregar, ada hak dan kewajiban yang harus dia penuhi.


"Implikasinya ya dia tentu ada hak ada kewajiban. Hak dia, dia ada kedudukan yang jelas di dalam konstelasi peradatan di Mandailing maupun di Tapanuli Selatan. Kewajibannya juga ada," jelas Darmin.

Darmin pun menjelaskan secara sederhana seperti apa kewajiban Kahiyang sebagai boru Siregar. Dia mengatakan masyarakat Batak mengenal 'dalihan na tolu' (tungku yang tiga/tiga tumpuan, red) sebagai falsafah hidup. Ini adalah sistem relasi sosial yang mengatur hubungan antarkeluarga atau orang per orang dalam adat atau kehidupan sehari-hari.

Menurut Darmin, meski Kahiyang putri seorang presiden, sebagai boru dia harus menghormati pihak keluarga besar Bobby. Jika keluarga Nasution mengadakan acara, atau sedang kesusahan, putri Solo itu harus aktif berperan tanpa perlu disuruh atau diundang. Itu sudah menjadi kewajiban.

"Adat itu bekerja menurut konsep dasarnya itu namanya dalihan na tolu. Tolu itu artinya tiga, dalihan itu boleh saja dibilang tungku. Jadi 3 kelompok masyarakat," kata Darmin.

"Saya pasti punya saudara yang segaris dengan saya. Itu namanya Kahanggi saya. Ada kelompok yang kedua, saya mengambil istri dari keluarga mereka, itu namanya Mora saya. Saya harus hormat sama Mora saya karena saya berutang, saya mengambil gadis dari mereka. Nah yang ketiga sebaliknya, mereka yang mengambil gadis dari keluarga saya. Itu Anak Boru namanya. Adat Mandailing atau Tapanuli Selatan itu selalu sangat seimbang. Saya bisa jadi di tengah hari ini, di keluarga yang lain saya orang yang harus bekerja di dapur dan seterusnya," Darmin memaparkan.


Ditambahkan Darmin, di acara itu, Kahiyang juga mendapat banyak nasihat dari para tetua adat. "Lebih kurang pesan itu ya yang pertama mudah-mudahan dengan Anda dapat marga Siregar, dalam bahasa sana itu maroban sangap dohot mora atau membawa berkah dan kehormatan bagi keluarga," jelasnya.

Dia juga berharap Bobby tidak kenal lelah mengajari Kahiyang tentang adat dan budaya Tapanuli Selatan. Selain itu, peduli terhadap keluarga.
(hri/imk)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed