DetikNews
Selasa 21 November 2017, 16:32 WIB

Praperadilan Jonru Ditolak, Ini Kata Pelapor

Mei Amelia R - detikNews
Praperadilan Jonru Ditolak, Ini Kata Pelapor Jonru (Foto: Seysha Desnikia/detikcom)
Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menolak seluruhnya permohonan praperadilan Jon Riah Ukur alias Jonru Ginting atas penetapan statusnya sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian. Muannas Alaidid selaku pelapor mengapresiasi putusan hakim tersebut.

"Menurut saya itu sudah benar," kata Muannas dalam keterangannya kepada detikcom, Selasa (21/11/2017).

Muannas menilai, sejak awal dirinya sangat yakin bahwa praperadilan Jonru akan ditolak. Menurut Muannas, polisi telah melalui prosedur yang benar dalam penetapan tersangka Jonru di kasus yang ia laporkan itu.

"Mengingat dari segi prosedur penangkapan, penahanan dan penyitaan serta alat bukti telah memenuhi standar bukti permulaan yang cukup menurut hukum," kata Muannas.




Menurutnya lagi, penyidik sudah barang tentu telah mengantongi syarat formil dan materil dalam proses penyidikan itu. "Tinggal kita lihat bagaimana hasil nanti Pengadilan dalam menguji materi perkara," imbuhnya.

Ia berharap setelah praperadilan ini ditolak, berkas perkaranya segera dilimpahkan (P21) ke pengadilan. Selanjutnya ia menyerahkan keputusan hakim nantinya.

Sidang praperadilan Jonru digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan. Hakim tunggal Lenny menolak seluruhnya permohonan gugatan yang diajukan pemohon.

Hadir dalam sidang itu 8 orang tim kuasa hukum Jonru dari Bang Japar. Sementara dari pihak termohon 1 hadir AKBP JR Sitinjak, Kompol Nengah U Tarigan dan AKP Budi Novianto sedangkan termohon 2 hadir Jaksa Iskandar.

Suasana sidang bisa disaksikan dalam video di bawah:

[Gambas:Video 20detik]


(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed