DetikNews
Selasa 21 November 2017, 15:20 WIB

Menyimak Lagi Penjelasan Dokter RS Medika soal Luka Novanto

Ahmad Toriq - detikNews
Menyimak Lagi Penjelasan Dokter RS Medika soal Luka Novanto dr Bimanesh Sutarjo. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Lima hari setelah kecelakaan, tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto tampil tanpa bekas luka di KPK. Bisa jadi Novanto sudah sembuh setelah dokter menyatakan Ketua DPR itu menderita sejumlah luka.

Dalam wawancara dengan dokter yang merawat Novanto, Dr dr Bimanesh Sutarjo, SpPD, KGH, di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Barat, Jumat (17/11/2017) lalu, Ketum Golkar itu dinyatakan menderita sejumlah luka fisik. Awalnya Bimanesh ditanya soal kabar Novanto mengalami patah tangan, namun dia menepis informasi itu.

Foto awal yang beredar pasca kabar Novanto kecelakaan di Jl Permata Berlian, Jakarta.Foto awal yang beredar pascakabar Novanto kecelakaan di Jl Permata Berlian, Jakarta, Kamis (16/11). (Istimewa)

Bimanesh kemudian menjelaskan, dari pemeriksaan fisik, luka Novanto di antaranya ada di kepala dan lengan sebelah kanan.

"Secara fisiklah, bukan saya sendiri yang melihat, ada juga dari bagian Laka Lantas, kita lihat dari pemeriksaan luarnya sih, yang saya dapatkan ada cedera di kepala, pelipis sebelah kiri, kemudian ada lecet laserasi di leher, dan lengan yang sebelah kanan," kata Bimanesh kepada wartawan saat itu.

Novanto saat dirawat di RS Medika.Novanto saat dirawat di RS Medika. (Istimewa)

Sempat beredar foto Novanto di RS Medika, yang juga ditunjukkan oleh pengacara Fredrich Yunadi. Foto-foto itu menunjukkan kondisi Novanto saat dirawat di RS Medika Permata Hijau.

Novanto sempat terlihat juga di ruang publik saat dia dipindahkan ke RSCM Kencana pada Jumat (17/11). Saat itu hanya wajahnya yang terlihat.

Novanto saat dipindah.Novanto saat dipindah. (Faiq Hidayat/detikcom)

Novanto kembali muncul pada Senin (20/11) dini hari saat resmi ditahan oleh KPK. Saat masuk ke gedung Merah Putih, Novanto menggunakan kursi roda. Saat keluar menjelang pergantian hari, dia berjalan sendiri, lalu memberikan keterangan kepada awak media. Hal yang mencolok dari penampilannya adalah dahinya tampak kemerahan, seperti memar.

Novanto saat dibawa masuk ke Gedung Merah Putih.Novanto saat dibawa masuk ke Gedung Merah-Putih. Ketua DPR yang juga tersangka pengadaan E-KTP Setya Novanto tiba di gedung KPK, Jakarta, Minggu (19/11/2017) malam. Setya Novanto resmi dipindahkan ke rutan KPK malam ini. (Grandyos Zafna/detikcom)

Novanto saat keluar Gedung Merah Putih.Novanto saat keluar dari gedung Merah-Putih. (Grandyos Zafna/detikcom)

Selasa (21/11) hari ini, Novanto kembali muncul. Dia menjalani pemeriksaan di gedung Merah-Putih. Pada kemunculannya hari ini, tak terlihat lagi ada warna kemerahan di dahinya.

Novanto saat masuk ke Gedung Merah Putih menjalani pemeriksaan hari ini.Novanto saat masuk ke gedung Merah-Putih menjalani pemeriksaan hari ini. (Nur Indah Fatmawati/detikcom)

Novanto saat keluar dari Gedung Merah Putih selesai menjalani pemeriksaan.Novanto saat keluar dari gedung Merah-Putih selesai menjalani pemeriksaan. (Nur Indah Fatmawati/detikcom)

(tor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed