DetikNews
Selasa 21 November 2017, 13:52 WIB

2 Residivis Bandar Ganja 66 Kg Ditangkap, Modusnya Dicampur Kopi

Cici Marlina Rahayu - detikNews
2 Residivis Bandar Ganja 66 Kg Ditangkap, Modusnya Dicampur Kopi Paket ganja yang dicampur kopi (Foto: Cici Marlina/detikcom)
Jakarta - Polisi menangkap 2 bandar ganja dalam sebuah penggerebekan di Jakarta Timur. Polisi juga menyita 66,6 kg ganja dari 2 lokasi terpisah.

Dua bandar ganja itu ditangkap oleh tim dari Polsek Tanah Abang, Jakarta Pusat. Keduanya ternyata bandar kambuhan.

2 Residivis Bandar Ganja 66 Kg Ditangkap, Modusnya Dicampur KopiKedua bandar ganja itu merupakan residivis (Foto: Cici Marlina/detikcom)

"Ini residivis, dari keduanya didapat 66,6 kg Ganja. Dua tersangka adalah Tinus Tambayong alias TT (56) dan Asran alias AS (51)," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Suyudi Ario Seto saat rilis di Mapolres Jakpus, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2017).

Penggerebekan ini dipimpin oleh Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono dan Kanit Reskrim Kompol Mustakim. Awalnya, informasi yang didapatkan yaitu adanya peredaran yang dilakukan oleh bandar di wilayah Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat.

"Menteng Tenggulun ini tempat tawuran. Dari hasil investigasi berkembang bandar dengan nama TT," kata Suyudi.

2 Residivis Bandar Ganja 66 Kg Ditangkap, Modusnya Dicampur KopiDeretan barang bukti berupa paket ganja (Foto: Cici Marlina/detikcom)


Polisi pun melakukan pencarian terhadap TT hingga mendapati rumahnya di Jalan Jeruk 3 nomor 3B RT 014 RW 006, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, pada Jumat (10/11). Namun, TT tidak ada di tempat, sedangkan polisi mendapati ganja 52,6 kg dari dalam rumah itu.

Pencarian terhadap TT terus dilakukan hingga akhirnya dia ditangkap pada Senin (13/11). TT ditangkap di Jalan Utan Kayu Gang Kramat Asem RT 016 RW 010, Utan Kayu Utara, Matraman Jakarta Timur.

Dari keterangan TT, polisi mengejar seorang pelaku lainnya yaitu AS. Dia akhirnya bisa ditangkap keesokan harinya di Jalan Pengantin Ali III No. 41 RT 011 RW 006, Ciracas, Jakarta Timur.

2 Residivis Bandar Ganja 66 Kg Ditangkap, Modusnya Dicampur KopiPaket itu dikemas sedemikian rupa sehingga bau ganja tidak kentara (Foto: Cici Marlina/detikcom)

"Dikembangkan jaringannya ada lagi tersangkanya saudara AS, ditangkap di Ciracas dengan ditemukan narkotika jenis ganja 14 kg. Dia spesialis main di Aceh. Total yang diamankan 66,6 kg," ujar Suyudi.

Polisi menyebut ganja itu dikirim dari Aceh melalui jalur darat. Modus keduanya agar ganja itu tidak tercium baunya yaitu dengan mencampurnya dengan bubuk kopi.

"Pengiriman dari Aceh, lewat jalur darat, ya pakai truk, dari Aceh waktunya tentunya tidak disesuaikan menurut mereka aman lancar. Kalau ada operasi ini ditutupi kopi jadi hilang baunya," kata Suyudi.

2 Residivis Bandar Ganja 66 Kg Ditangkap, Modusnya Dicampur KopiPaket ganja itu dikirim dari Aceh ke Jakarta menggunakan truk (Foto: Cici Marlina/detikcom)


Selain keduanya, polisi menyebut ada pelaku lain yang masih dikejar. Ganja itu disebut kerap diperjualbelikan di wilayah Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat, yang kerap dijadikan lokasi tawuran.

"Tawuran itu pengalihan isu saja, kemudian dipasok, kemudian ciptakan tawuran," tuturnya.

Keduanya kini diamankan di Mapolres Metro Jakarta Pusat guna pemeriksaan lebih lanjut. Mereka akan dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 111 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.



(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +