DetikNews
Selasa 21 November 2017, 13:08 WIB

Modus Penyelundupan Sabu di Cengkareng: Disimpan di Buku-Kaos Kaki

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Modus Penyelundupan Sabu di Cengkareng: Disimpan di Buku-Kaos Kaki Jumpa pers kasus penyelundupan sabu di Bandara Soekarno-Hatta. (Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Bea-Cukai Bandara Soekarno-Hatta dan Polres Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan 4 upaya penyelundupan narkoba selama Oktober-November 2017. Seberat 1 kg lebih narkoba disita.

"Penindakan terhadap 4 kali upaya penyelundupan narkoba dengan barang bukti yang diamankan berupa 1.994 gram metamfetamin dan 14 gram ganja sintetis," kata Kepala Bea-Cukai Bandara Soekarno-Hatta Erwin Situmorang dalam keterangannya, Selasa (21/11/2017).

Penyelundupan pertama terjadi pada 21 Oktober lalu. Saat itu seorang warga negara (WN) Nigeria berinisial ABO ditangkap karena kedapatan membawa 932 gram sabu. Sabu itu diselundupkan di dalam kapsul yang kemudian ditelan pelaku.

Dua hari kemudian, seorang WNI berinisial VS, yang tiba dari Kuala Lumpur, juga ditangkap. Dia kedapatan membawa 1.012 gram sabu yang disimpan di dalam buku.

"Terdapat 2 bungkus sabu seberat 1.012 gram yang disembunyikan di dalam 2 buku yang dibawanya," lanjut Erwin.

Modus Penyelundupan Sabu di Cengkareng: Disimpan di Buku-Kaos KakiJumpa pers kasus penyelundupan sabu di Bandara Soekarno-Hatta. (Bil Wahid/detikcom)


Pada 25 Oktober, petugas mengungkap penyelundupan paket narkoba jenis ganja sintetis via jasa pengiriman barang. Paket yang dikirim dari China itu berupa 14 gram ganja sintetis. Setelah dilakukan pengembangan, 7 orang dibekuk di Malang, Jawa Timur.

Penyelundupan terakhir terjadi pada 9 November lalu. Saat itu, seorang WN Jepang ditangkap karena menyelundupkan sabu di kaus kakinya.

"Dia menyembunyikan sabu seberat 0,279 gram di dalam kaus kaki," imbuh Erwin.

Para tersangka kini dijerat UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara atau hukuman mati.
(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed