DetikNews
Senin 20 November 2017, 20:34 WIB

Lho, Ada Pohon Beringin Sudah Tumbang Lalu Berdiri Lagi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Lho, Ada Pohon Beringin Sudah Tumbang Lalu Berdiri Lagi Pohon beringin yang tumbang di Hutan Taman Kota Srengseng (Foto: Dok. Dinas Kehutanan DKI Jakarta)
Jakarta - Siapa yang mengira pohon tumbang dapat berdiri kembali? Nyatanya hal ini benar-benar terjadi di Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat.

Fenomena ini direkam oleh warga. Kemudian video itu diunggah oleh akun @yanto88714858 di Twitter.

Ada dua video yang diunggah dalam dua sudut pengambilan gambar yang berbeda. Tampak pohon beringin itu berdiri lagi meski sudah dalam kondisi rebah dan akar-akar yang sudah terangkat.

Pohon beringin yang kembali berdiri setelah daunnya dipangkas ketika tumbangPohon beringin yang kembali berdiri setelah daunnya dipangkas ketika tumbang (Foto: dok. Dinas Kehutanan DKI Jakarta)

"Ini benar-benar fenomena ajaib, 2 pohon beringin kembar tumbang kembali tegak. Apresiasi besar buat team posko pohon tumbang," tulisnya, seperti dilihat detikcom, Senin (20/11/2017).

Video tersebut bukan hasil editan seperti efek rewind yang dapat ditemukan dalam aplikasi editor video. Fenomena ini benar-benar terjadi pada hari ini di Jakbar.

"Iya, benar. Terjadi hari ini. Yang menangani Dinas (Kehutanan DKI Jakarta)," kata Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Barat Aris Firmansyah saat dihubungi detikcom.


Aris mengatakan fenomena itu adalah kejadian biasa. Fenomena ini tidak ada hubungannya dengan pohon beringin yang biasa dikaitkan dengan hal mistis.

Dia mencontohkan kejadian itu seperti bermain jungkat-jungkit. Jika satu beban di satu sisi lebih berat dari sisi lainnya, sisi yang lebih ringan akan terangkat.

"Itu hal biasa, batang bawah kan lebih berat, kemudian akarnya lebar. Jadi, saat atasnya dipotong, akar ngangkat," ucap Aris.
(jbr/dha)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed