DetikNews
Senin 20 November 2017, 19:08 WIB

Soal Penataan Tanah Abang, Sandiaga: Konsepnya Sudah Ciamik

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Soal Penataan Tanah Abang, Sandiaga: Konsepnya Sudah Ciamik Suasana jalan trotoar di daerah Tanah Abang, Rabu (25/10/2017). (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memiliki konsep penataan jangka menengah untuk kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dia menyebut Pemprov DKI sudah punya konsep yang ciamik.

"Tanah Abang ini kita sudah punya konsepnya, sudah ciamik," ujar Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).


Sandi mengungkapkan saat ini Pemprov DKI masih terus menggodok konsep penataan kawasan itu. Ia mengatakan akan mempresentasikan konsep penataan itu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlebih dahulu.

"Saya sudah bersurat kepada PT KAI sebagai bentuk harapan dari Pemprov untuk berkolaborasi dalam penataan ini. Tapi mohon sabar, pokoknya out of the box, yang nggak pernah terpikirkan-lah sebelumnya," kata dia.


Nantinya, ia dan tim penataan kawasan Tanah Abang akan mempresentasikan konsep penataan itu dalam bentuk 3 dimensi. Hal ini agar kondisi dan pergerakan manusia di Tanah Abang bisa divisualisasikan dengan baik.

Sandi juga menegaskan, prinsip konsep yang telah dirancang mengutamakan kepentingan pejalan kaki di kawasan Tanah Abang. Konsep itu juga turut memperhatikan potensi ekonomi.


"Pokoknya konsep besarnya memuliakan pejalan kaki, memastikan lapangan kerja tetap ada, ekonomi akar rumput tetap kita dorong, memastikan sistem transportasinya integrated, dan ini adalah konsep kolaborasi dari multi-stakeholders, bukan hanya Pemprov," ucap Sandi.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed