DetikNews
Senin 20 November 2017, 18:00 WIB

Kasatpol PP DKI Kaji Mekanisme Izin Operasi Delman di Monas

Marlina Oktavia Erwanti - detikNews
Kasatpol PP DKI Kaji Mekanisme Izin Operasi Delman di Monas Ilustrasi (Dokumen detikcom)
Jakarta - Kepala Satpol PP DKI Jakarta Yani Wahyu akan mengkaji mekanisme pengaturan delman di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Pengkajian ini terkait wacana Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno kembali mengizinkan delman beroperasi di Monas.

"Saya akan cek bagaimana mekanisme tentang pengaturan delman baik dengan UPT Monas dan Pak Wali Kota (Jakarta Pusat Mangara Pardede), bagaimana itu ke depannya," kata Yani di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Yani juga mengatakan akan segera berkoordinasi mengenai mungkin-tidaknya delman kembali dioperasikan di Monas untuk mendukung pariwisata.

"Saya akan coba koordinasikan Pak Wali Kota apakah masih memungkinkan delman itu mendukung pariwisata di Monas," ujarnya.

Sebelumnya, Sandiaga menegaskan akan menata delman yang beroperasi di Monas. Dia akan mempertimbangkan aspek keselamatan dan kesehatan kuda yang akan digunakan sebagai bagian dari pariwisata.

"Tentunya harus ditata dengan baik, harus dipercantik, aspek keselamatannya, aspek kesehatannya. Yang penting lapangan pekerjaannya tercipta. Dan saya ingin lihat berapa banyak lapangan kerja yang tercipta karena ada yang ngurus delmannya juga. Yang ngurus kudanya juga," sebutnya.

Untuk diketahui, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melarang delman beroperasi di Monas pada 2016, yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 36/SE/2016 tertanggal 1 April 2016. Pelarangan tersebut sehubungan dengan ditemukannya kuda delman yang terinfeksi parasit ganas mematikan.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed