DetikNews
Senin 20 November 2017, 13:42 WIB

Cerita Dokter Selamatkan Kuda Delman yang Tersungkur di Menteng

Jabbar Ramdhani - detikNews
Cerita Dokter Selamatkan Kuda Delman yang Tersungkur di Menteng Kuda delman yang jatuh tersungkur di Menteng saat dibeli dari pemliknya (Dok. Pribadi)
Jakarta - Seekor kuda delman mendadak tersungkur di Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (19/11/2017) kemarin. Kuda tersebut mengalami patah kaki karena terperosok ke lubang saluran air.

Kabar soal kuda tersebut ramai dibahas di media sosial hingga sampai ke telinga Mayor (Ckm) drh Joko Suranto. Joko ialah dokter hewan spesialis kuda di lingkungan militer TNI.

"Ternyata kuda itu patah kaki kiri depan karena terperosok ke lubang saluran air. Kemarin dia kepepet bajaj dan terperosok. Kebetulan kandangnya di kawasan Kemanggisan, kondisinya sudah parah sekali," kata Mayor (Ckm) drh Joko Suranto ketika dihubungi detikcom, Senin (20/11).


Joko mendengar kabar bahwa kuda tersebut akan disembelih untuk kemudian dagingnya dijual. Dia mengaku tak tega dan berusaha membeli kuda tersebut agar tidak disembelih dan dagingnya dijual.

"Kalau sudah patah itu, kita belum ada RS yang bisa memasang. Kuda itu mau dijual dagingnya, mau disembelih. Kita tidak tega. Akhirnya saya membantu agar kuda tidak disembelih," ujar Joko.

Joko menghubungi donatur yang dikenalnya untuk membantu membeli kuda tersebut. Kuda itu kemudian dibeli dari pemiliknya seharga Rp 4 juta.

Cerita Dokter Selamatkan Kuda Delman yang Tersungkur di Menteng
Kuda delman mendadak terjatuh di Menteng (Screenshot video warga)

Sebelumnya diberitakan, kuda delman itu jatuh tersungkur di Jl KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakpus, sekitar pukul 09.30 WIB. Kaki kiri kuda tersebut masuk ke lubang drainase selokan.

detikcom sempat menelusuri Jl KH Wahid Hasyim, tepatnya di depan pintu masuk Djakarta Theater XXI. Di lokasi terdapat beberapa lubang drainase selokan dengan pengamanan besi berjarak masing-masing 15-30 cm. Lubang itu dibuat agar setiap kali ada genangan, air bisa langsung terserap masuk ke lubang drainase.

Berdasarkan penuturan Indra, tukang ojek yang mangkal di sekitar lokasi, kaki kiri kuda tersebut masuk ke sela-sela besi drainase. Menurut Indra, kuda delman yang dikendarai seorang kusir itu masuk dari Jalan MH Thamrin dengan membawa penumpang sekitar 5 orang. Penumpang delman tersebut kemudian beralih menggunakan bajaj.
(jbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed