DetikNews
Senin 20 November 2017, 12:03 WIB

Muncul Lagi, Anggaran Air Mancur DPRD DKI Pernah Dicoret Kemendagri

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Muncul Lagi, Anggaran Air Mancur DPRD DKI Pernah Dicoret Kemendagri Gedung DPRD DKI (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Anggaran untuk perbaikan air mancur DPRD DKI muncul dalam RAPBD 2018 sebesar Rp 620.725.192. Padahal sebelumnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pernah menghapus anggaran tersebut pada RAPBD 2017.

Pada Desember 2016 lalu, Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono yang saat itu juga menjabat Plt Gubernur DKI, mencoret beberapa anggaran pada RAPBD 2017. Penghapusan dilakukan karena tidak sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

"Semua anggaran di luar RKPD ditolak dan kita coret, kecuali yang sifatnya mendesak. Kalau renovasi enggak mendesak yang dihilangkan. Itu arahan dari Pak Mendagri," ujar Plt Gubernur DKI saat itu, Sumarsono, Kamis (29/12/2016).



Kemendagri memotong biaya renovasi kolam ikan yang dianggarkan dalam APBD DKI 2017. Atas koreksi ini, Pemprov DKI menyatakan akan melakukan penyesuaian.

"Termasuk untuk kolam ikan juga sudah nggak ada. Intinya, nggak ada di RKPD dan dia tidak mendesak ya hilang," papar Soni, sapaan akrab Sumarsono.

Setahun berselang, muncul anggaran untuk rehabilitasi air mancur DPRD DKI di RAPBD DKI 2018. Nilainya lebih dari Rp 620 jua dan digunakan untuk pembelian bibit tanaman, mesin pompa, hingga pengadaan konstruksi reservoir.
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed