DetikNews
Senin 20 November 2017, 11:39 WIB

Melihat Lebih Dekat 'Luka' di Sekujur Tubuh Setya Novanto

Niken Purnamasari - detikNews
Melihat Lebih Dekat Luka di Sekujur Tubuh Setya Novanto Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - 'Luka' di tubuh Setya Novanto menjadi perhatian publik. Sebab, 'luka' itulah yang banyak dipertanyakan seusai kecelakaan mobil yang ditumpanginya menabrak tiang lampu.

Hal yang jadi sorotan adalah ketika pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, mengatakan luka Novanto terbilang parah. Satu kutipan yang langsung diperbincangkan adalah dahi Novanto benjol seperti bakpao.



"Hancur... cur... cur... mobilnya itu. Lukanya parah, tangannya luka semua, berdarah, kepala terbentur benjol-benjol. Benjol seperti bakpao," kata Fredrich kepada wartawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis (16/11/2017) malam.
Foto Setya Novanto usai kecelakaan dan dibawa ke RS Medika Permata Hijau.Setya Novanto seusai kecelakaan dan dibawa ke RS Medika Permata Hijau. (Istimewa)

Kemudian Fredrich menunjukkan foto kondisi Novanto saat dibawa ke RS Medika Permata Hijau. Di foto tersebut, Novanto mengenakan baju pasien. Ada juga foto Novanto terbaring di rumah sakit mengenakan kemeja putih yang beredar sesaat setelah kecelakaan.
Foto lainnya saat Setya Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau yang beredar.Foto lain saat Setya Novanto dirawat di RS Medika Permata Hijau yang beredar. (Istimewa)


Dalam foto yang beredar, entah ia tertidur atau belum sadarkan diri pascakecelakaan. Tangan kanannya dipasangi jarum infus. Begitu pun hidungnya, yang dipasang slang oksigen.

Kemudian hal yang mencuri perhatian adalah dahi sebelah kiri Novanto. Tampak dipasang perban putih. Tapi tidak terlihat ada bekas luka. Baik di dahi maupun anggota tubuh lainnya. Tangannya mulus, begitu juga pipinya.

Foto Setya Novanto di RS Medika Permata Hijau. Setya Novanto di RS Medika Permata Hijau. (Istimewa)


Selang sehari kemudian, Novanto dibawa keluar dari RS Medika Permata Hijau, Jakarta, Jumat (17/11/2017) pukul 12.42 WIB dan dipindahkan ke RSCM Kencana, Jakarta Pusat.

Saat tiba di RSCM dan dikeluarkan dari ambulans, kepalanya ditutupi kain. Tidak dapat terlihat bagian yang luka. Begitu pun sekujur tubuhnya.

Setya Novanto saat dibawa keluar dari ambulans di RSCM. Setya Novanto saat dibawa keluar dari ambulans di RSCM. (Faiq Hidayat/detikcom)


Barulah pada Minggu (19/11) malam, Novanto keluar dari RSCM Kencana. Begitu menuruni anak tangga, ia terlihat lemas. Sudah tidak ada perban di dahinya.

Penampakan memar di dahi kanan Novanto. Foto: Grandyos Zafna/detikcomPenampakan memar di dahi kanan Novanto. (Grandyos Zafna/detikcom)

Yang terlihat hanya luka seperti luka memar di dahi bagian kanan. Memar merah tersebut tampaknya cukup besar dan agak bengkak. Tapi belum dapat disebut bengkaknya seperti bakpao.


Setya Novanto begitu keluar dari RSCM dan memakai rompi tahanan.Setya Novanto begitu keluar dari RSCM dan memakai rompi tahanan. (Grandyos Zafna/detikcom)


Hal yang menggelitik pertanyaan justru bagian di dahi kiri yang sempat diperban, tidak terlihat memar yang begitu besar. Di dekat pergelangan tangan kanan Novanto dipasangi plester dan perban luka.
(nkn/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed