DetikNews
Senin 20 November 2017, 10:55 WIB

Aduan di Balai Kota Masih Ramai, Sandiaga: Butuh Waktu dan Evaluasi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Aduan di Balai Kota Masih Ramai, Sandiaga: Butuh Waktu dan Evaluasi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menerima aduan warga di Balai Kota DKI (Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Masyarakat DKI Jakarta sudah dapat mengadukan permasalahan di tiap-tiap kecamatan di DKI Jakarta. Namun, pagi ini, tampak masih banyak warga yang datang ke Balai Kota DKI untuk mengadukan permasalahan mereka.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan perubahan itu masih membutuhkan waktu dan evaluasi. Namun, menurutnya, pelayanan pengaduan masyarakat yang dibuka di kecamatan cukup efektif.


"Baru berjalan satu minggu, jadi kita sabar aja. Kita akan evaluasi lagi tapi kemarin pengaduan di kantor kecamatan juga sudah cukup banyak dan kemarin kita juga melihat berbagai permasalahan bisa diselesaikan di level kelurahan, di level kecamatan," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Sandi mengatakan perubahan pola pelayanan pengaduan masyarakat tersebut didorong keinginan Pemprov DKI agar pola pengaduan masyarakat terstruktur dengan baik. Agar masalah yang bisa diselesaikan di level kecamatan dapat langsung ditangani pada level tersebut.


"Yang kita inginkan agar bahwa pengaduan masyarakat itu terstruktur dengan baik yang ingin ke Balai Kota masih tetap diterima. Jadi nggak ada masalah. Toh tadi ada beberapa yang dateng ke sini kayak PPSU, mereka bisa daftar di kelurahan. Kita ingin misalnya yang tadi mendaftar lapangan kerja PPSU itu bisa di level kelurahan dan banyak sekali sebetulnya yang bisa ditangani di kecamatan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan 44 kecamatan responsif menerima aduan dan mencari solusi untuk permasalahan warga. Warga dapat mengadu ke kecamatan bahkan sampai hari Sabtu.


"Langsung (pengaduan warga dibuka di kecamatan). Mereka sudah diinstruksikan selama apel ini, sudah ada petugas yang berada lokasi dan setelah selesai ini camat kembali ke tempat masing. Kami lihat hari ini hari pertama. Kami buka itu agar penataan lebih cepat," kata Anies setelah memimpin Apel Operasi Siaga Bencana Ibu Kota di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11).
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed