DetikNews
Senin 20 November 2017, 10:29 WIB

Begini Prosedur Kecamatan Johar Baru Terima Aduan Warga

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Begini Prosedur Kecamatan Johar Baru Terima Aduan Warga Foto: Posko Pengaduan Warga di Kecamatan Johar Baru (Cici-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan 44 kecamatan harus responsif menerima dan mencari solusi aduan warga di wilayahnya. Beginilah prosedur bagi warga yang ingin menyampaikan aduan, khusunya di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Camat Johar Baru, Abdul Choir menjelaskan warganya bisa datang hari Sabtu, sekitar pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB untuk menyampaikan aduan. Warga yang datang langsung mengisi formulir pendaftaran.

"Datang ke sini disiapkan formulir, jenis pengaduannya apa, alamatnya di mana, KTP-nya fotokopi. Ini kan biar kita bisa tindak lanjuti," kata Choir saat ditemui di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).



Tak hanya hari Sabtu, Choir mengatakan warga juga bisa datang hari Senin hingga Jumat dengan mendatangi posko pelayanan pengaduan masyarakat yang ada di bagian depan kecamatan. Sedangkan pada hari Sabtu, masyarakat bisa datang ke kecamatan dengan agenda rembuk warga.

"Sesuai SK Gubernur nomor 135 hari Sabtu pengaduannya, kalau menurut SK gubernur hari Sabtu pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. Namanya kita pelayanan masyarakat, ya Senin sampai Jumat tetap melayani," ujar Choir.

Choir mengatakan prosedur pengaduan juga bisa secara struktural. Warga mulanya melakukan rembuk masalah dengan RT dan RW setempat. Lalu RT dan RW menyampaikan ke Kelurahan dan dari Kelurahan disampaikan ke Kecamatan.

"Ya struktural RT, RW, Kelurahan, baru Kecamatan," ucapnya.



Dia mengatakan sudah launching pengaduan sejak, Sabtu (18/11) lalu di Kecamatan dengan total warga sekitar 50 orang. Dalam pengaduan ini, kata Choir, berbagai macam aduan warga yang disampaikan.

"Macam-macam mulai dari segi lingkungan hidup, sampah, pendangkalan got, perbaikan MCK, parkir liar di Tanah Tinggi, PTSP yang persyaratannya sering berubah, saluran air juga mampet, dan ada beberapa lagi," jelasnya.

Begini Prosedur Kecamatan Johar Baru Terima Aduan WargaFoto: Posko Pengaduan Warga di Kecamatan Johar Baru (Cici-detikcom)


Menurutnya, warga jangan sungkan untuk mengadukan masalah ke Kecamatan. Ia mengimbau, bila ada permasalahan segera lapor secara struktural maupun langsung ke Kecamatan.

"Kita perlu partisipasi warga, apabila menemukan masalah atau permasalahan di wilayahnya, jangan segan-segan lapor melalui RT-nya, RW-nya, nanti RW koordinir ke Kelurahan, secara struktural. Atau langsung tidak apa-apa," tuturnya.

Berdasarkan pantauan detikcom, posko pelayanan pengaduan masyarakat Kecamatan Johar Baru berada di bagian depan kecamatan. Pada posko ini disediakan meja dengan beberapa kursi.

Namun, bila hari Senin-Jumat, warga bila langsung naik ke lantai dua untuk menyampaikan aduan. Selain itu, warga juga bisa melapor ke bagian administrasi untuk menyampaikan aduannya.


Kecamatan Senen Juga Terima Aduan Warga Senin hingga Sabtu


Selain Johar Baru, Kecamatan Senen di Jakarta Pusat tetap menerima aduan mulai Senin hingga Sabtu.

"Sabtu kan awal diberlakukan Pergub 135 agar setiap kecamatan membuka posko. Namun kita juga buka dari Senin hingga Jumat, masyarakat bisa langsung ke Kecamatan," kata Kepala unit PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kecamatan Senen, Sukirman, saat ditemui di Kecamatan Senen.

Sukirman mengatakan Kecamatan Senen membuka layanan pengaduan masyarakat pada Sabtu, sekitar pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait juga turut serta untuk melayani warga.

"Setiap hari Sabtu, di situ yang bertugas menjadi petugas adalah pelayanan PTSP, perijinan, dukcapil, kependudukan, ada juga SKPD teknis. Misal ada jalan rusak PU bina marga, got mampet PU air, pohon tumbang Dinas Kehutanan," jelasnya.
(cim/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed