DetikNews
Senin 20 November 2017, 09:45 WIB

Jokowi: Banyak Elite yang Ajarkan Politik Tak Baik ke Anak-anak Kita

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jokowi: Banyak Elite yang Ajarkan Politik Tak Baik ke Anak-anak Kita Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara yang digelar FKPPI, PPAD, dan YSNB di Balai Kartini, Senin (20/11/2017). (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) cemas dengan pendidikan politik yang buruk diajarkan ke generasi penerus. Menurut dia, banyak elite politik yang justru ajarkan pendidikan politik tak baik dan hanya teriak-teriak saja.

"Banyak juga elite politik kita berikan pendidikan politik yang tidak baik kepada anak-anak kita," kata Jokowi di acara Simposium Nasional Kebudayaan di Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).

Acara ini digelar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI), PPAD, dan Yayasan Suluh Nasional Bangsa (YSNB). Acara bertema 'Pembangunan Karakter Bangsa untuk Melestarikan dan Menyejahterakan NKRI Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945' itu juga dihadiri sejumlah menteri dan para purnawirawan TNI.

Jokowi menyampaikan agar para senior dan tokoh lebih mengajarkan persatuan bangsa. Nilai-nilai kerukunan dan toleransi harus dicontohkan.

"Banyak yang masih teriak-teriak, mulai antek asing, antek aseng, mengenai PKI bangkit. Kalau saya, PKI bangkit gebuk saja, sudah gampang. Wong payung hukumnya jelas, kenapa harus bicara banyak banyak soal ini," kata Jokowi.

Jokowi juga heran mengapa masih ada yang bilang dirinya anti-Islam hingga anti-ulama. Padahal dia menjalankan politik yang santun, menurutnya.

"Jangan keliru, yang mendidik anak-anak kita bukan hanya guru, bukan hanya orang tua tapi media sosial, kekuatan keterbukaan dan media sosial sangat mempengaruhi sekali," ujar Jokowi.
(bpn/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed