DetikNews
Minggu 19 November 2017, 17:59 WIB

Ini 'Singgasana' yang Akan Diduduki Kahiyang-Bobby saat Haroan Boru

Jefris Santama - detikNews
Ini Singgasana yang Akan Diduduki Kahiyang-Bobby saat Haroan Boru Kursi yang disiapkan untuk Kahiyang-Bobby. Foto: Jefris Santama-detikcom
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Medan - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu untuk pertama kalinya akan ke kediaman orang tua Bobby Nasution sebagai istri. Ada adat Haroan Boru yang menyambut Kahiyang dan Bobby di sana.

"Acara yang hari ini waktu Kahiyang dan Bobby masuk, di tangga itu sudah ada di situ 'dingin-dingin' dari kelopak pisang, kelopak batang pisang itu nanti mereka injak. Maksudnya itu supaya selamat," kata Raja Panusunan, Patuan Kumala Pandapotan, di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Asam Kumbang, Medan, Minggu (19/11/2017).
Patuan Kumala (tengah) berbicara sebagai Raja Panusunan tentang adat pernikahan Kahiyang dan Bobby.Patuan Kumala (tengah) berbicara sebagai Raja Panusunan tentang adat pernikahan Kahiyang dan Bobby. Foto: Jefris Santama-detikcom

Kahiyang dan Bobby kemudian akan didudukkan di kursi yang telah disiapkan. Kursi tersebut sudah dihias sedemikian rupa dan ada karpet berlapis 7.

"Tikar adat namanya, ini namanya tikar adat. Di sini tempat duduk raja-raja adat, nanti ada yang lapis 5, sesuai tingkatannya," kata dia.

Selain itu juga ada tokoh-tokoh adat lainnya. Mereka kemudian akan menyantap santan terlebih dahulu. Setelah itu orang-orang yang diminta menjemput Kahiyang dan Bobby di Solo diminta menyampaikan kabar.



(bag/idh)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed