DetikNews
Minggu 19 November 2017, 16:52 WIB

Senjata Milik KKB Papua Rampasan dan Selundupan dari Luar Negeri

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Senjata Milik KKB Papua Rampasan dan Selundupan dari Luar Negeri Brigjen RIkwanto (Foto: Mei Amelia/detikcom)
Jakarta - Polisi memastikan senjata yang dimiliki kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, hasil rampasan dan selundupan dari luar negeri. Senjata itu dipakai KKB saat penyanderaan di 2 desa di Mimika.

"KKB itu sumber senjata berasal sebagian berasal dari luar, bisa dari luar negeri. Ada juga dari TNI atau Polri," ujar Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Rikwanto saat diwawancara di di Gedung Graha Adya Wicaksana, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2017).






Rikwanto mengatakan rampasan yang diperoleh anggota KKB berasal dari anggota Polri atau TNI. Senjata itu didapat dari anggota Polri atau TNI yang gugur saat baku tembak.

"Iya ada juga senjata rampasan dari kita. Jadi beberapa waktu lalu kan kita banyak baku tembak dengan mereka, ada yang anggota kita gugur dan senjatanya diambil mereka," jelasnya.



Polisi juga menempatkan sejumlah personel di 2 desa tersebut untuk mencegah aksi penyanderaan serupa. Dia mengatakan jumlah personel yang dikerahkan cukup banyak.

"Cukup banyak, saya tidak sebutkan jumlah tapi cukup banyak. Untuk bagaimana caranya agar tidak terjadi penyanderaan dan penyerangan di daerah-daerah tertentu yang rawan penyerangan terutama mobil naik turun dari dan ke Tembagapura," ungkapnya.


(rvk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed