DetikNews
Minggu 19 November 2017, 16:02 WIB

Kuda Delman Mendadak Tersungkur di Menteng

Mochamad Zhacky - detikNews
Kuda Delman Mendadak Tersungkur di Menteng Kuda putih itu terbaring di sisi jalan (Foto: Screenshot video warga)
Jakarta - Seekor kuda delman jatuh tersungkur di Jl KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat. Kuda berwarna putih itu jatuh karena kaki depan sebelah kiri masuk ke lubang drainase selokan

Pantauan di Jl KH Wahid Hasyim, tepatnya di depan pintu masuk Djakarta Theater XXI, terdapat beberapa lubang drainase selokan dengan pengamanan besi berjarak masing-masing sekitar 15-30 cm. Lubang itu diperuntukkan agar tiap kali ada genangan, air bisa langsung terserap masuk ke dalam lubang drainase.



Penuturan Indra, tukang ojek yang mangkal di sekitar lokasi, kaki kiri kuda tersebut masuk ke sela-sela besi drainase sekitar pukul 09.30 WIB.

"Itu tadi tuh di situ (sambil menunjuk) di depan Pizza Hut. Masuk ke lubang kakinya. Patah satu kakinya. Kayanya kusirnya nggak ngeliat ada lubang," kata Indra kepada detikcom, Minggu (19/11/2017).

Lubang drainase tempat kuda itu terjatuLubang drainase tempat kuda itu jatuh tersungkur (Foto: Screenshot video warga)


Menurut Indra, kuda delman yang dikendarai satu orang kusir itu masuk dari jalan MH Thamrin dengan membawa penumpang sekitar 5 orang. Penumpang delman tersebut kemudian beralih menggunakan bajaj.

"Lagi bawa penumpang bule sekeluarga, 5 orang lah kira-kira. Ada emak, bapak, sama anak-anaknya. Penumpang bulenya langsung pindah naik bajaj," terang dia.

Indra melanjutkan kusir delman pun sempat mengobati kudanya. Namun karena lukanya cukup parah akhirnya dibawa menggunakan mobil pikap. Tapi sayang, Indra tidak mengetahui dilarikan ke mana kuda tersebut.

"Terus kudanya dibawa pakai mobil bak, tahu nyewa tahu apa. Yang pasti bukan dari pemerintah," tutur Indra.

Seorang warga yang bersimpati kemudian mengelus-elus kepala kuda itu.Seorang warga yang bersimpati kemudian mengelus-elus kepala kuda itu. (Foto: Screenshot video warga)

Indra mengatakan kejadian serupa pernah terjadi beberapa waktu lalu. Saat itu, seorang wanita salah satu kakinya terjebak ke dalam lubang yang juga berada di depan Djakarta Theater.

"Dulu juga pernah cewek kakinya masuk ke lubang. Cuma bukan lubang yang tempat kuda tadi. Tuh, lubang yang kedua setelah lubang tempat kuda jatuh. Kelebaran sih jarak besinya. Ceweknya juga waktu itu lagi ngeliatin HP," ujarnya.

Sementara itu dari video yang diberikan salah satu warga, terlihat kuda itu terbaring di sisi kiri jalan. Orang-orang mengerumuni lokasi di mana kuda itu terjatuh. Kuda poni juga itu terlihat terbaring kesakitan dan dielus-elus oleh beberapa warga yang bersimpati.

Informasi soal kaki kuda masuk ke dalam selokan ini pertama kali muncul di Instagram. Akun bernama @jktinfo menginformasikan dengan kalimat 'seekor kuda terperosok kakinya ke dalam lubang di depan Sarinah. Saat ini sudah ditangani oleh petugas'.


(ams/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed