Tiba di Medan Hari ini, Kahiyang-Bobby akan Disambut Haroan Boru

Indah Mutiara Kami - detikNews
Minggu, 19 Nov 2017 06:47 WIB
Foto: Resepsi Pernikahan Kahiyang-Bobby. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Jakarta - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution tiba di Medan hari ini untuk rangkaian 'ngunduh mantu'. Begitu tiba, acara adat Mandailing sudah menanti keduanya.

Acara adat ini rencananya berlangsung di kediaman Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Asam Kumbang, Medan, Minggu (19/11/2017). Kahiyang dan Bobby sendiri disambut sejak pukul 12.30 WIB.


Acara adat pertama yang akan dilangsungkan adalah Haroan Boru. Acara adat ini adalah untuk menyambut Kahiyang, pertama kali sebagai istri Bobby, untuk berkunjung ke rumah orangtua Bobby.

Sebelum Kahiyang dan Bobby tiba, sudah ada keluarga dan tetua adat di rumah Bobby. Begitu tiba, keduanya akan disambut oleh ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar.

Di pintu rumah, telah disiapkan beberapa jenis tumbuhan, antara lain batang pisang, yang harus diinjak oleh Kahiyang. Maknanya adalah sebagai lambang keinginan agar kehadiran Kahiyang memberi kesejukan dan kedamaian. Itulah sebabnya batang pisang dan aneka tanaman itu diberi nama 'dingin-dingin'.


Ibunda Bobby lalu akan menuntun Kahiyang dan Bobby untuk duduk di atas Amak Lampisan yaitu tikar adat yang terdiri dari beberapa lapis. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari keluarga Kahiyang dan Bobby.

Setelah Haroan Baru, masih ada sederet acara adat Mandailing yang akan dijalankan Kahiyang dan Bobby. Puncaknya adalah pada 26 November 2016 saat Kahiyang-Bobby akan kirab dan dilanjutkan dengan resepsi.

Kahiyang dan Bobby sendiri sudah resmi menikah pada 8 November 2017 lalu di Solo. Pada saat itu, acara berlangsung dengan adat Jawa Tengah. (imk/tor)