Mal di Palembang Ini Dipenuhi Fosil dan 'Manusia' Purba

Raja Adil Siregar - detikNews
Sabtu, 18 Nov 2017 10:53 WIB
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang - Berbagai fosil dan replika manusia purba 'mejeng' di Ogan Permata Indah (OPI) Mall, Palembang, Sumatera Selatan. Benda-benda tersebut merupakan koleksi Museum Sangiran, Sragen, Jawa Tengah.

Staf Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Museum Sangiran Rais Fathoni mengatakan ini merupakan tahun pertama pameran tersebut digelar di wilayah Sumatera. Tujuannya menyebarkan informasi lebih luas kepada masyarakat di luar Pulau Jawa mengenai sejarah dan kehidupan zaman purba.
Mal di Palembang ini Dipenuhi Fosil dan 'Manusia' PurbaFoto: Raja Adil Siregar/detikcom

"Biasanya hanya dilakukan di beberapa daerah yang ada di Pulau Jawa. Tapi demi kepentingan penyebaran informasi lebih luas, tahun ini kita bawa fosil-fosil dan replika manusia purba ke Sumatera untuk memperkenalkan koleksi kita di museum," terang Rais kepada detikcom, Sabtu (18/11/2017).

Ditambahkan Rais, pameran ini turut menggambarkan kehidupan manusia purba, fauna, dan budaya yang sudah berusia jutaan tahun. Mulai dari kehidupan di daerah laut, rawa, dan daratan yang berada di Sangiran.
Mal di Palembang ini Dipenuhi Fosil dan 'Manusia' PurbaFoto: Raja Adil Siregar/detikcom

Saat pameran, pihak museum membawa beberapa penghuni, seperti replika manusia purba, gading gajah, kerang purba yang sudah menjadi batu, serta buaya dan banteng yang diperkirakan sudah berusia jutaan tahun lalu. Ada pula video yang bercerita tentang kehidupan kala itu, berikut ini buku penjelasannya.

"Untuk fosil fauna (binatang) semua asli, kecuali yang manusia purba itu replika dan dibentuk sesuai penemuan tengkoraknya. Kita tidak berani bawa yang asli karena berisiko di perjalanan, tapi yang replika juga 100 persen sama dengan aslinya," sambung Rais.

Pameran di Palembang ini akan berlangsung sampai 19 November besok. Selanjutnya, manusia purba dan fosil akan melanjutkan perjalanan ke Bandar Lampung untuk 'nongkrong' pada 22-26 November.
Mal di Palembang ini Dipenuhi Fosil dan 'Manusia' PurbaFoto: Raja Adil Siregar/detikcom
(jor/elz)