DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 02:04 WIB

Sandera KKB Papua Dibebaskan, Ketua MPR: Bukti TNI-Polri Kompak

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sandera KKB Papua Dibebaskan, Ketua MPR: Bukti TNI-Polri Kompak Ketua MPR Zulkifli Hasan (Foto: Dok MPR)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengapresiasi tim gabungan TNI-Polri yang telah berhasil mengevakuasi warga di Desa Kimbely dan Kampung Longsoran, Papua, yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Zulkifli mengatakan keberhasilan tersebut merupakan bukti bahwa TNI-Polri kompak.

"Salam hormat untuk pasukan gabungan yang membebaskan warga dari kelompok bersenjata. Ini bukti jelas TNI dan Polri kita kompak menjaga kedaulatan," kata Zulkifli di sela-sela menghadiri Kongres 10 Korps Alumni HMI (KAHMI) di Hotel Santika Medan, Jumat (17/11/2017).

[Gambas:Video 20detik]

Zulkifli pun meminta masyarakat untuk menahan diri dan memverifikasi setiap informasi terkait dinamika yang terjadi di Papua. Dia percaya TNI-Polri akan melakukan yang terbaik bagi masyarakat yang ada di Papua.

"Mari percayakan TNI dan Polri kita untuk melakukan yang terbaik di Papua. Karena ini soal kedaulatan, tak ada toleransi untuk gerakan apapun yang merongrong NKRI," tuturnya.


Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya menyebutkan ratusan warga pendatang yang 'disandera' oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua berhasil diselamatkan. Saat ini para sandera diamankan di Tembagapura.

"Sudah, Alhamdulillah operasi TNI-Polri sudah berhasil selamatkan pendatang yang disandera sebanyak 344 orang, 23 diantaranya anak-anak," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam pesannya kepada detikcom, Jumat (17/11/2017).


Sementara itu, warga asli Papua yang lahir dan besar di Desa Kimbely dan Kampung Longsoran tak bersedia dievakuasi aparat gabungan TNI-Polri. Namun mereka meminta aparat untuk tetap berada di kampung mereka.
(knv/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed