Dijemput Hilman di DPR, Novanto Punya Pintu Rahasia?

ADVERTISEMENT

Dijemput Hilman di DPR, Novanto Punya Pintu Rahasia?

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 17 Nov 2017 18:42 WIB
Penampakan depan ruang kerja Ketua DPR Setya Novanto (GIbran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - Polisi mengungkapkan posisi Setya Novanto sebelum dijemput wartawan Hilman Mattauch. Sebelum kecelakaan menimpa tersangka kasus korupsi e-KTP itu, polisi menyebut Novanto berada di DPR.

Soal pernyataan polisi, pimpinan DPR lain, yakni Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, mengaku tak tahu Novanto ada di DPR. Lalu, bagaimana Novanto bisa berada di DPR?


"Kami sama sekali nggak mengetahui, saya kemarin di DPR kan seharian juga, saya merasa bahwa tidak pernah ada dan tidak pernah ada ketemu dengan beliau di sini," ujar Agus, Jumat (17/11/2017).



Pertanyaan muncul. Apakah Novanto punya pintu rahasia di ruangan kerjanya?

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal DPR Damayanti (Maya) mengatakan tak ada pintu khusus yang bisa digunakan Novanto untuk keluar-masuk DPR tanpa diketahui. Maya mengatakan dirinya juga nihil informasi soal keberadaan Novanto di DPR kemarin.


"Pintu khusus? Nggak ada, semua ruangan biasa. Saya nggak ketemu tapi. Saya ketemu Pak Fahri sama Pak Agus. Saya nggak tahu," kata Maya diwawancarai soal pintu rahasia.

Maya menyebut semua ruangan di gedung Nusantara III DPR setipe. Dari lantai 2 hingga lantai 7, Maya menyebut semua ruangan mirip-mirip.


"Rasanya blok-blok, pimpinan kan juga harus dikasih ruangan yang mirip-mirip semua ya. Jadi paling ada ruang yang besar untuk rapat, yang saya suka rapat, kita suka rapat bamus apa rapim itu di atas itu. Itu aja dipakai untuk semua pimpinan. Yang lain mirip-mirip ruangannya," ungkap dia.

Depan ruang kerja Ketua DPRDepan ruang kerja Ketua DPR (GIbran Maulana Ibrahim/detikcom)

"Jadi, kalau pintu rahasia, pintu khusus nggak ada, benar," imbuh dia.

Meski demikian, Maya tak menampik bahwa akses ke lantai 3 Nusantara III tempat Novanto berkantor lebih dari satu, yaitu melalui lobi Nusantara III. Salah satu akses menuju lantai 3 melalui gedung Setjen DPR yang memang terhubung. Akses tersebut termasuk melalui gedung DPD.


"Ke ruang pimpinan kan sama tuh liftnya, dari lantai dasar bisa, ke Setjen kan juga suka begitu. Dari Setjen ke sana yang kemarin tempat kebakaran, sama. Sama, itu aja sih aksesnya, nggak banyak," ucap Maya.

"Ya (kalau lewat DPD) pasti beliau harus turun ke lantai dasar kalau begitu biasanya," pungkas dia. (gbr/dkp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT