DetikNews
Kamis 16 November 2017, 18:39 WIB

Pemenang Lelang Bermasalah, Koridor 13 TransJ Gagal Dipasangi Lampu

Mochamad Zhacky - detikNews
Pemenang Lelang Bermasalah, Koridor 13 TransJ Gagal Dipasangi Lampu Mencoba TransJakarta koridor 13 rute Tendean-Ciledug saat malam, Senin (10/7/2017). (Foto: Dwi Andayani-detikcom)
Jakarta - Kadis Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Yuli Hartono mengatakan pemenang lelang proyek pemasangan penerangan jalan umum (PJU) Koridor 13 TransJakarta, PT Gemavirta Abadi, wanprestasi. Akibatnya, ratusan lampu untuk koridor 13 gagal terpasang.

"(Lampu) belum terpasang. (Lelang) batal karena penyedianya nggak sanggup, wanprestasi. Jadi belum dikerjakan," kata Yuli di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2017).


Sesuai aturan pengadaan barang dan jasa apabila pemenang lelang wanprestasi, pengerjaan proyek dialihkan ke peserta lelang yang mendapatkan nilai tertinggi kedua. Namun, kata Yuli, aturan tersebut tak dapat dilaksanakan.

Maka Pemprov DKI memutuskan untuk mematikan anggaran proyek sebesar Rp 17,5 miliar. Selanjutnya, anggarannya akan diusulkan kembali ke dalam APBD DKI Jakarta 2018 dan proses tendernya kembali dibuka.


"Nggak jadi (pakai pemenang kedua). Ya dimatikan anggarannya, diusulkan di 2018. (Harus) lelang lagi, karena waktu pelaksanaannya sudah nggak cukup. Tinggal tersisa 3 bulan, lelang 2 bulan, pelaksanaan sebulan nggak bisa, saya nggak sanggup," papar Yuli.

Menurut Yuli PT Gemavirta Abadi belum melaksanakan satu pun pekerjaan. Alhasil, Pemprov DKI memasukan perusahaan itu ke dalam daftar hitam.

"Bukan balikin uang, nggak ada yang dibalikin karena belum bayar. Jadi belum ada (kerjakan, red) apa-apa. Akhirnya kita blacklist," jelas dia.


"Ada ratusan lampu dengan berbagai jenis yang harus dipasang, totalnya sekitar 400. Lampunya beberapa jenis ya, ada lampu di bawah pilar, lampu sorot, lampu PJU, pemasangan tiang, lampu RGB warna warni, itu sekitar ada 400-an titik," ucap Yuli.

Desember nanti, sambung Yuli, proses lelang akan dibuka kembali. Kata dia, proyek PJU Koridor 13 ini diperkirakan selesai Mei 2018.

"Desember kita sudah persiapan lelang. Sekitar 2 bulan proses lelang. (Setelah itu) terpasang sekitar minimal 3 bulan," pungkasnya.
(zak/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed