DetikNews
Kamis 16 November 2017, 14:43 WIB

Terjaring Operasi Zebra, Knalpot Racing Dipotong-potong

Agus Setyadi - detikNews
Terjaring Operasi Zebra, Knalpot Racing Dipotong-potong
Aceh - Polresta Banda Aceh memusnahkan puluhan knalpot racing yang terjaring dalam Operasi Zebra Rencong. Knalpot yang disita ini dipotong dengan mesin pemotong besi.

Pemotongan puluhan knalpot racing ini secara simbolis dilakukan Wakapolresta Banda Aceh AKBP Armaini di Mapolresta, Kamis (16/11/2017). Di sana, knalpot ditaruh di atas meja di samping mesin. Rata-rata knalpot tersebut dipotong menjadi dua bagian sehingga tidak dapat digunakan.

Selain knalpot, polisi juga memotong plat mobil tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Barang bukti hasil sitaan selama 14 hari ini Operasi Zebra di antaranya 12 plat kendaraan dan 40 unit knalpot.

Wakapolresta Armaini mengatakan, Operasi Zebra digelar bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat pengendara motor atau mobil agar semakin patuh terhadap aturan lalu lintas. Selain itu, operasi yang berlangsung dari 1 hingga 14 November itu juga untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Selama 14 hari operasi, total pelanggaran di Banda Aceh yaitu 571 kasus," kata Armaini kepada wartawan.

Rincian pelanggaran di wilayah hukum Polresta Banda Aceh di antaranya yaitu terkait helm 245 kasus, kaca spion 78 pelanggar, knalpot 40 pelanggar, terobos lampu merah 35 kasus, masalah plat 12 kasus dan tidak punya surat kendaran 161 kasus. Angka pelanggaran ini, kata Armaini mengalami penurunan dibanding tahun lalu.

"Knalpot racing ini kita sita karena bunyinya sering kali terlalu keras dan nyaring sehingga menggangu kenyamanan masyarakat," ungkap Armaini.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed