Anies Ingin Semua PAUD di Jakarta Berkualitas

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 16 Nov 2017 11:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin Jakarta memiliki pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas dari segi pengajaran dan fasilitas. Anies meminta hal ini kepada Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Andrianto.

"Tadi saya instruksikan kepada Kepala Dinas supaya melakukan review, memastikan semua tempat di Jakarta tersedia PAUD dan fasiltasnya baik. Kalau fasilitasnya belum baik harus kita tingkatkan," kata Anies, usai membuka Gebyar PAUD dan Dikmas, di kantor Disdik DKI Jakarta, Jalan Jend. Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (16/11/2017).


Anies mengungkapkan akan mengecek ketersediaan PAUD di wilayah Jakarta. Dia mengutamakan PAUD di permukiman yang tingkat kesejahteraannya masih rendah.

"Kita akan cek di daerah-daerah yang hari ini merupakan permukiman warga yang secara sosial ekonomi, kesejahteraan masih rendah karena di sana dibutuhkan perhatian ekstra," ujar Anies.


Menurut Anies, PAUD memiliki implikasi paling besar dari semua pendidikan. PAUD yang berkualitas akan berdampak besar pada peserta didik.

"Investasi pendidikan untuk anak usia dini, dasar, menengah, tinggi terbukti bahwa hasil terbesar justru didapat dari pendidikan anak usia dini. Kalau ingin investasi pendidikan terbesar, masukkan ke PAUD. Tapi sering kali di banyak negara kita justru nggak memberikan perhatian yang cukup untuk PAUD. Jakarta akan memberikan perhatian yang besar," ujarnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Anies akan menambah anggaran PAUD di APBD 2018. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas PAUD dan meningkatkan kesejahteraan guru PAUD.


"Kita kalau denger anggaran naik, langsung gaji gede. Gitu kan. Tapi juga fasilitas dan asupan anak-anak di PAUD. Karena itu di APBD 2018 kita mulai dorong pernambahan PAUD di Jakarta," ujar Anies.

Dalam Gebyar PAUD dan Dikmas 2017, Anies juga mengukuhkan istrinya Fery Farhati Ganis sebagai Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta. Selain pengukuhan Bunda PAUD, dikukuhkan juga pengurus Forum Pengelola LKP Dewan Pimpinan Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan dilakukan peluncuran warung online sagalayastore.com. (jbr/jbr)