DetikNews
Rabu 15 November 2017, 13:18 WIB

IPB Tentukan Rektor Baru, 3 Calon Jalani Wawancara Terbuka

Farhan - detikNews
IPB Tentukan Rektor Baru, 3 Calon Jalani Wawancara Terbuka
Bogor - Institut Pertanian Bogor (IPB) memasuki babak akhir dalam proses pemilihan calon rektor priode 2017-2022. Dari 24 bakal calon rektor yang terdaftar, kini hanya tersisa 3 calon yang terpilih dan masuk dalam tahap akhir seleksi.

Ketiganya yakni, Dr Arif Satria, Prof Muhamad Yusram Massijaya, dan Profesor Yonny Koesmaryono.

Ketiga calon rektor IPB terpilih diminta menyampaikan rencana strategis dan program kerja masing-masing di hadapan Majelis Wali Amanat (MWA) dalam sidang paripurna yang dilaksanakan secara terbuka di gedung Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga Bogor, Rabu (15/11/2017).

Dalam sidang terbuka tersebut, dihadiri juga Sekjen Kemenristekdikti, yang datang mewakili Menristekdikti Mohamad Nasir.

Usai memaparkan program masing-masing, ketiga calon rektor kemudian diminta menjawab beberapa pertanyaan dari tiga panelis yang terdiri dari mantan rektor IPB, Ketua Senat Akademik dan perwakilan Guru Besar IPB serta anggota MWA yang hadir.

"Jadi hari ini tahap final proses pemilihan rektor IPB. Tadi dilakukan sidang terbuka yang digelar MWA (Majelis Wali Amanah), di mana setiap calon diminta presentasi, kemudian tanya jawab. Nanti sore akan dilanjutkan dengan sidang tertutup, untuk menentukan siapa dari tiga calon ini yang menjadi rektor," kata panitia pemilihan rektor IPB priode 2017-2022, Prof Firdaus saat ditemui usai sidang terbuka di kampus IPB Dramaga, Bogor, Rabu (15/11/2017).

Firdaus menyebut, mekanisme pemilihan rektor IPB priode 2017-2022 nanti akan dilakukan dengan cara musyawarah mufakat. Namun,kata Firdaus, akan tetap dilakukan proses pemungutan suara atau votting jika tidak ada kesepakatan dalam proses musyawarah mufakat.

"Semua calon sudah memaparkan, apa saja yang tantangan yang dihadapi dan program-program yang akan dilakukan berdasarkan pengalaman-pengalaman mereka yang pernah memimpin di IPB untuk mencapai visi IPB di tahun 2045. Sore ini kita lihat siapa yang terpilih," katanya.

Proses pemilihan rektor IPB priode 2017-2022 ini sudah dimulai sejak April 2017 dengan tahap sosialisasi. Selanjutnya, terpilih 24 bakal calon rektor yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi calon rektor.

"Dari 24 orang itu kemudian diseleksi menjadi 6 orang. Dari 6 orang itu diseleksi lagi menjadi 3 orang, baru kemudian nanti sore dilakukan seleksi akhir dan menentuka satu orang yang akan menjadi rektor IPB," kata Firdaus.
(asp/asp)
ipb
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed