DetikNews
Rabu 15 November 2017, 12:44 WIB

Anies Buka dan Tutup Pidato RAPBD 2018 di DPRD dengan Pantun

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Anies Buka dan Tutup Pidato RAPBD 2018 di DPRD dengan Pantun Foto: Gubernur DKI Anies Baswedan pidato di DPRD DKI. (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 di depan pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta. Anies membuka pidato RAPBD 2018 tersebut dengan sebuah pantun.

"Bang Sandi berlari menyusuri Kali Angke. Bang Prasetyo bertemu kawan sambil belanja di Pasar Santa. Kami senang sekali dapat hadir di DPRD, menyapa seluruh dewan dari kami di Balai Kota," tutur Anies disambut tepuk tangan dari peserta rapat, di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2017).

Anies kemudian menyampaikan perkembangan indikator makro ekonomi di Jakarta yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan RAPBD 2018. Ia menyebut pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta tahun 2018 diproyeksikan sebesar 6,12-6,52 persen.

"Berlanjutnya berbagai proyek infrastruktur dan adanya peningkatan pelayanan perizinan di Provinsi DKI Jakarta, merupakan faktor pendorong pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dapat menjaga pertumbuhan investasi yang sedang dalam tren positif," kata Anies.

Disampaikan, total RAPBD tahun 2018 sebesar Rp 77,11 triliun atau meningkat sebesar 9,86 persen dibandingkan dengan Penetapan APBD tahun 2017 sebesar Rp 70,19 triliun. Pendapatan daerah tahun 2018 direncanakan sebesar Rp 66,62 triliun, meningkat 6,66 persen.

"Rencana Pendapatan Daerah tersebut diharapkan berasal dari Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp.44,56 triliun. Dana Perimbangan sebesar Rp 21,40 triliun, serta lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 661,65 miliar," kata Anies.

Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 direncanakan sebesar Rp 71,16 triliun atau meningkat 11,87 persen, yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung dan Belanja Langsung. Disampaikan juga penerimaan pembiayaan pada tahun 2018 direncanakan sebesar Rp 10,48 triliun.

"Sedangkan untuk Pengeluaran Pembiayaan direncanakan sebesar Rp 5,94 triliun yang dialokasikan untuk penyediaan transportasi massal dalam rangka penanggulangan kemacetan dan penugasan beberapa proyek infrastruktur, khususnya proyek yang mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018 serta pembayaran Utang Pokok yang jatuh tempo," ujarnya.

Dalam rapat paripurna, Anies dan Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi sempat berbalas pantun. Aksi ini bisa disaksikan dalam video di bawah:

[Gambas:Video 20detik]


Anies berharap Pemprov DKI sebagai eksekutif dan DPRD sebagai legislatif dapat menyelesaikan Perda APBD 2018 tepat pada waktunya.

"Kami berharap Eksekutif dan Legislatif dengan suasana kerjasama yang tersambung sangat positif selama ini bisa dapat menyelesaikan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama," tutur Anies.

Anies kemudian menutup pidato RAPBD 2018 dengan sebuah pantun. "Dari Dukuh naik Trans ke Kota. Puas berwisata pulangnya ke Pinangsia. Bersama seluruh warga Ibu Kota, kita jadikan Jakarta maju dan bahagia," ucap Anies.

Rapat paripurna RAPBD ini dihadiri oleh kepala SKPD Pemprov DKI Jakarta dan pimpinan serta anggota DPRD DKI Jakarta. Rapat paripurna ini juga sekaligus penyampaian visi misi Anies dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.
(idh/idh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed