DetikNews
Rabu 15 November 2017, 10:58 WIB

10 Paus yang Terdampar Bagian dari Puluhan Paus yang Bermigrasi

Agus Setyadi - detikNews
10 Paus yang Terdampar Bagian dari Puluhan Paus yang Bermigrasi
Aceh - Sebelum terdampar di Pantai Aceh Besar, Aceh, nelayan mengaku sempat melihat sekitar 40 ekor paus berada sekitar 4 mil dari bibir pantai. Namun berselang sejam kemudian, 10 di antaranya merapat ke pinggir.

"Menurut nelayan asal Desa Neuheun, Aceh Besar sebelum paus terdampar, sekitar pukul 09.00 WIB pagi melihat sekawanan paus sekitar 40 ekor di laut Ujong Kareueng," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek kepada detikcom, Rabu (15/11/2017).

Sepuluh ekor paus diketahui terdampar di Pantai Ujong Kareng pada Senin (15/11) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, dua di antaranya terluka sehingga delapan ekor diduga menemani kawanannya. Sehari berselang, empat ekor mamalia laut tersebut mati sedangkan sisanya berhasil didorong ke tengah laut.

Menurut Miftach, paus hanya melewati perairan Aceh saat tengah migrasi dari satu lokasi ke tempat lain. Pada Senin kemarin, 30 ekor tetap melanjutkan perjalanan sementara sisanya mendampingi dua ekor paus yang sakit.

"Lokasi terlihat ini sekitar 3-4 mil laut," jelas Miftach.

Keempat bangkai paus sudah dikuburkan di pinggir pantai tidak jauh dari lokasi terdampar. Proses penguburan berlangsung sejak Selasa (14/11) sore hingga malam tadi. Paus yang mati ini diketahui dua ekor berjenis kelamin betina dan dua lagi jantan. Petugas juga sempat melakukan autopsi. Warga memenuhi lokasi sejak hari pertama.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed