DetikNews
Rabu 15 November 2017, 09:38 WIB

DPR Buka Masa Sidang Hari Ini, Novanto Belum Dipastikan Hadir

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
DPR Buka Masa Sidang Hari Ini, Novanto Belum Dipastikan Hadir Setya Novanto (tengah) di paripurna DPR. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - DPR akan menggelar paripurna pembukaan masa persidangan ke-2 tahun sidang 2017/2018. Ketua DPR Setya Novanto yang dijadwalkan membacakan pidato pembukaan masa sidang, belum dipastikan akan memimpin rapat hari ini.

Kepala Biro Pemberitaan DPR--sebelumnya Kabiro Pimpinan DPR--Hani Tahapari mengatakan, paripurna hari ini akan dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Kolega Agus, Fahri Hamzah, akan mendampingi.

"Hari ini Rabu 15 November kami akan melaksanakan sidang paripurna DPR RI dalam rangka pembukaan masa persidangan ke-2, tahun sidang 2017/2018. Pimpinan rapat hari ini adalah Pak Agus Hermanto didampingi Pak Fahri Hamzah," ujar Hani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Novanto memang dipastikan tak akan memimpin sidang untuk membacakan pidato pembukaan. Apakah Novanto akan hadir di paripurna nanti?

"Kami sudah berusaha menanyakan beliau namun kami belum mendapatkan informasi kehadiran beliau," jelas Hani.

Kepala Biro Pemberitaan DPR Hani Tahapari Kepala Biro Pemberitaan DPR Hani Tahapari (Foto: Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)

Meski demikian, kehadiran Novanto dalan rapat paripurna nanti, menurut Hani, sangat dinantikan. Sebagai ketua DPR, Novanto diharapkan Hani dapat membacakan pidato pembukaan masa sidang.

Namun, jikapun Novanto absen, Hani menyebut teknis pembacaan pidato bisa diatur. Hani menegaskan, di dalam aturan yang ada, paripurna menjadi sah jika sudah ada dua pimpinan DPR yang hadir.

"Kami berharap beliau tetap hadir. Diharapkan memberi pidato pembukaan. Mekanismenya (rapat paripurna dipimpin) dua orang (pimpinan DPR)," kata Hani.

"(Pidato pembukaan) Tinggal bagaimana kesepakatan di antara pimpinan. Bisa dibacakan dan dianggap sudah dibaca," imbuh dia.

Sebelum paripurna hari ini, DPR dalam posisi reses. Reses DPR berlangsung dari 28 Oktober 2017 hingga 14 November 2017.
(gbr/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed