DetikNews
Selasa 14 November 2017, 13:34 WIB

DPR Buka Masa Sidang Besok, Novanto Belum Dipastikan Hadir

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
DPR Buka Masa Sidang Besok, Novanto Belum Dipastikan Hadir Setya Novanto (kiri) saat paripurna DPR. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Seusai reses kurang-lebih dua minggu, DPR akan kembali bersidang mulai besok. Ketua DPR Setya Novanto dijadwalkan membuka sidang.

Paripurna yang akan dilangsungkan di gedung DPR besok, Rabu (15/11/2017), beragendakan pidato pembukaan masa sidang yang rencananya dipimpin langsung oleh Novanto. Namun Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan kehadiran Novanto belum dapat dipastikan.

"Tentunya kami tidak mengetahui apakah beliau bisa hadir atau tidak, tetapi kami yakini bahwa tanpa kehadiran beliau, rapat paripurna tetap berjalan dan kita tetap melaksanakan agenda rapat pembukaan sesuai dengan apa yang diagendakan," ujar Agus di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (14/11).

Sebelum paripurna pembukaan masa sidang, Agus menyebut tidak akan ada rapat badan musyawarah (Bamus) lantaran telah dilaksanakan sebelum penutupan masa sidang. DPR sendiri menjalani masa reses pada 28 Oktober-14 November 2017.


Menurut Agus, jika pun Novanto tak hadir dalam paripurna besok, itu bukan suatu masalah. Menurut Agus, pimpinan DPR lain dapat menggantikan Novanto untuk membacakan pidato pembukaan masa sidang.

"Pimpinan DPR ini adalah kolektif kolegial, yang penting dalam paripurna minimal dua pimpinan yang hadir karena kuorum adalah minimal dua pimpinan," jelas Agus.

Novanto saat paripurna HUT ke-72 DPRNovanto saat paripurna HUT ke-72 DPR. (Andhika Prasetia/detikcom)

"Tentunya yang kita rencanakan biasanya yang membacakan ketua. Namun, apabila ketua berhalangan, bisa saja yang membacakan pimpinan yang lain," imbuh dia.


Pada masa sidang sebelumnya, Novanto hadir dan memberikan pidato pembukaan. Saat itu sekaligus paripurna HUT ke-72 DPR pada Agustus lalu.
(gbr/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed