DetikNews
Selasa 14 November 2017, 11:16 WIB

Jelang Asian Games, 600 Unit CCTV akan Dipasang di Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Jelang Asian Games, 600 Unit CCTV akan Dipasang di Palembang
Palembang - Untuk menjamin keamanan atlet dan pengunjung saat pelaksanaan Asian Games 2018, 600 unit CCTV akan dipasang di Palembang. CCTV dipasang di beberapa titik kerawanan dan tempat keramaian.

Menurut Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Bambang Suminto, pemasangan CCTV akan dilakukan mulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, akses masuk kota Palembang, pusat keramaian dan kawasan wisma atlet dan venue di Jakabaring Sport City (JSC). Pasca Asian Games, CCTV itu akan berguna untuk memantau keamanan kota.

"Untuk memastikan kemanan, 600 CCTV akan dipasang untuk mendukung Asian Games 2018. CCTV ini bukan hanya untuk saat pelaksanaan Asian Games saja, tapi juga untuk memantau kejahatan di daerah rawan kejahatan," kata Kombes Bambang saat rapat koordinasi kesiapan infrastruktur penyelenggaraan Asian Games ke XVIII di Hotel Exelton, Palembang, Selasa (14/11/2017).

Bambang mengatakan, nantinya CCTV yang dipasang akan terintegrasi dengan pusat informasi di Mapolda Sumsel untuk memudahkan koordinasi dengan petugas di lapangan. Pemasangan sendiri dapat terjadi penambahan tergantung situasi dan kondisi saat pelaksanaan.

"Jumlah CCTV yang dipasang ini bisa saja bertambah tergantung situasi di lapangan. Untuk titik-titik pemasangan di mana, nanti Polresta Palembang yang akan menentukan dengan berkooordinasi antara pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan," ujar mantan Karo Ops Polda Bengkulu ini.

Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan pada atlet dan penonton nantinya, panitia akan menyediakan 50 unit bus dari Kementerian Perhubungan secara gratis. Sehingga saat pelaksanaan tidak ada penonton yang membawa kendaraan ke kawasan JSC.

"Ada 50 bus dengan seat 40 kursi dari Kemenhub akan digratiskan mengangkut penumpang dari Ilir ke Ulu saat Asian Games 2018. Sehingga saat pelaksanaan Asian Games tidak ada penonton yang membawa kendaraan, dengan cara ini akan memberikan kenyamanan pada penonton dan atlet di kawasan Jakabaring," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Pemprov Sumsel, Yudha Uzirman.

Selain 50 bus, ada pula LRT yang akan beroperasi untuk mengangkut penumpang dan masyarakat secara gratis. Untuk di Sumsel sendiri keuntungannya karena venue dan tempat penginapan atlet satu kawasan.

"Nanti kita akan koordinasikan, walaupun LRT ini dikelola oleh PT KAI, tapi bagaimana caranya saat pelaksanaan Asian Games LRT juga digratiskan. Jadi ada angkutan umum khusus memberikan pelayanan saat pelaksanaan untuk menghindari terjadinya kemacetan," tutupnya.
(asp/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed