DetikNews
Selasa 14 November 2017, 09:12 WIB

Pengusutan Kasus Pencurian Laptop Penyidik KPK Sudah Sampai Mana?

Faiq Hidayat - detikNews
Pengusutan Kasus Pencurian Laptop Penyidik KPK Sudah Sampai Mana? Foto: Gedung baru KPK (Dhani-detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Surya Tarmiani menjadi korban pencurian yang membuatnya kehilangan laptop dan tas pada awal April 2017. Saat itu Surya tengah turun menaiki taksi di Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kasusnya kini tengah ditangani Kepolisian. Tiga bulan sejak dilaporkan, kini prosesnya masih penyelidikan.

"Sudah tiga bulanan (sejak pertama kali dilaporkan). Masih proses penyelidikan dan masih kita dalami," kata Kanit Reskrim Polsek Setiabudi Kompol Tri Suriawan, Senin (13/11/2017).


Kejadian berawal saat taksi yang ditumpangi penyidik Surya berhenti di kawasan Setiabudi. Tiba-tiba ada orang yang mengambil tas dan laptop milik Surya dari bagasi belakang taksi. Si pencuri lalu kabur dengan cepat.

Pelaku, kata Kompol Tri, menggunakan minibus dan motor dengan nopol palsu saat beraksi. Jumlah pelaku diperkirakan lebih dari dua orang.

"Ada motor juga, ada mobil juga. Karena kalau pakai motor waktu itu kan posisinya kesorot lampu dan begitu ngerem plat motornya silau jadi tidak terlihat di CCTV," ucap Tri.

Tri mengatakan, polisi masih mengusut kejadian ini dengan memeriksa kamera CCTV di sebuah restoran dekat lokasi kejadian. Namun, CCTV tersebut tampak kurang jelas menyorot ke arah motor.

"Masih kita selidiki lagi karena saksi di TKP sedikit kemudian ada CCTV juga kurang jelas menyorot ke motor. Jadi kita agak kesulitan menentukan siapa pelakunya, agak kesulitan," ujar Kapolsek Setiabudi AKBP Rachmat Sumekar di tempat terpisah.


Di kesempatan berbeda, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan kejadian itu saat Surya tengah pulang dari tugas luar kota. Pada waktu larut malam, Surya memutuskan untuk tidak kembali ke kantornya.

"Karena ada penugasan di luar kota pada saat itu dan penugasan itu masih dalam bagian proses penyidikan. Waktu itu memang sudah larut malam dan tidak memungkinkan untuk kembali ke kantor pada malam itu," kata Febri Diansyah pada hari yang sama.

Menurut Febri, kini tim internal KPK sedang melakukan pemeriksaan terhadap Surya. Tim internal meminta klarifikasi dari Surya. Selain itu, tim internal KPK juga mendampingi Surya saat melaporkan kehilangan di Polsek Setiabudi.

"Karena ini standar aturan di KPK, ketika ada perlengkapan kerja yang hilang maka dilakukan klarifikasi internal. Kalau ada dugaan pencurian itu dilaporkan dan didampingi tim dari pemeriksa internal," tutur Febri.

Febri pun menjelaskan KPK terus berkoordinasi dengan polisi untuk mengungkap pelaku pencurian. Meski sudah 7 bulan peristiwa terjadi, kata Febri belum ada perkembangan terkait siapa pelakunya.

"Kewenangannya di Polri sebenarnya dan koordinasi pasti kita lakukan juga. Karena tim Pemeriksa InternaI mendampingi pada saat pelaporan itu dilakukan. Koordinasi masih dimungkinkan terus terjadi," ucap Febri.
(fai/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed