DetikNews
Selasa 14 November 2017, 02:01 WIB

Bandara Banjarmasin Diterjang Hujan Angin, Penerbangan Tak Terganggu

Faiq Hidayat - detikNews
Bandara Banjarmasin Diterjang Hujan Angin, Penerbangan Tak Terganggu Plafon roboh (Foto: Dok. Humas Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin)
Jakarta - Pihak Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin memastikan robohnya plafon dan papan iklan karena diterjang hujan angin tak menganggu jadwal penerbangan. Upaya perbaikan masih terus dilakukan.

"Tidak menggangu penerbangan, penumpang tadi ada sampai penerbangan jam 11 WITa lancar. Plafon di ruang tunggu bagasi (yang rusak), di ruang lain tidak ada yang rusak," kata General Manager Bandara Syamsudin Noor, Wahyudi saat dikonfirmasi, Selasa (14/11/2017).

Wahyudi mengatakan plafon roboh akibat adanya celah yang tidak kuat menahan hujan lebat disertai angin. Selain itu, papan iklan di area parkir juga roboh dan menimpa dua mobil yang ingin menjemput penumpang. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 21.45 WITa, Senin (13/11).

"Karena angin masuk celah plafon kena atap menekan ke bawah. Kalau kerugian puluhan juta," ujar Wahyudi.



Sedangkan fasilitas lain, kata Wahyudi, runway, taxiway, dan apron juga aman dan bersih tepatnya pada pukul 23.10 WITa. Karena petugas langsung melakukan pembersihan benda-benda yang dapat mengganggu penerbangan akibat terbawa air hujan.

Saat ini fokus petugas yakni perbaikan secepatnya. Diupayakan malam ini juga selesai.

"Sementara aerodrome ditutup sekitar satu jam karena jarak pandang di bawah minimum yakni 800 meter. Namun sudah kembali normal sehingga tidak mengganggu pesawat yang mendarat. Semua penerbangan clear pada sekitar pukul 23.30 WITa," jelas Wahyudi.

Robohnya plafon dan papan iklan tersebut, tutur Wahyudi, tidak menimbulkan korban jiwa. "Kerusakan bandara plafon tidak ada korban jiwa," tuturnya.
(fai/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed